photo 44dca132-22a1-4075-a606-ef48a199a5b1_zps49a1316a.jpg
  • القرآن الكريم
  • الحديث
  • Search Ebook
  • Search Ebook
  • Software Download
  • For Android
  • App BlackBerry
  • اللّهمّ صلّ على سيّدنآ محمّد النّبىََّ الاُمي وَعلى آلْْْه وصحبه و سلّم المدرسة المو توسة الاِسلميه الأنصار سكرامى فكفك بهرات

    Selasa, 03 Februari 2015

    Analisis SWOT SMP/MTS Sukaramai 2015


    PROFIL MADRASAH


    1. IDENTITAS MADRASAH

    1. NAMA SEKOLAH                  :  MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA SUKARAMAI       
          2. ALAMAT MADRASAH
            a. Jalan                                                 :   Mesjid No.2
            b .Desa                                                 :   Sukaramai
            c .Kecamatan                                         :   Kerajan
            d. Kabupaten                                         :   Pakpak Bharat
            e. Propinsi                                             :  Sumatera Utara
    3. Status                                                        :  Swasta
    4. SK Akreditas                                             :  Terdaftar (B)
            a. Nomor                                               :  009975
            b. Tanggal                                             :  4 Oktober 2010
    5. Nomor Statistik Madrasah                           :  121212150001
    6. Tahun Berdiri                                             :   Tahun 1988
    7. Nama Kepala Madrasah                               :   BANIAH BOANG MANALU
    8. SK Kepala Madrasah                                   :   No: Kd 02.21/Kp.003/09/SK/2008
    9. Nomor Rekening Madrasah                          :
     NPSN                                                           :   10208670 
    B. DATA GURU DAN SISWA
            a. Pegawai Negeri Sipil                         :    2   Orang
            b. Guru Tetap                                       :    7   Orang
            c. Jumlah                                              :    9  Orang

         Data Siswa  Tahun 2014/2015
    TINGKAT KELAS

                  SISWA


    LAKAI-LAKI
    PEREMPUAN
    JUMLAH
    KELAS VII
    KELAS VIII
    KELAS IX
                 8
                 12
                 12                
    `12
    4
    20
    20
    16
    32
    JUMLAH
    32
    36
    68




    C. DATA FASILITAS MADRASAH        
    NO.
    NAMA FASILITAS
    JUMLH
    KONDISI
    KET
    1
    RUANG KELAS
    3

    Rusak
    2
    RUANG PERPUSTAKAAN
    1

    Rusak Ringan
    3
    KAMAR MANDI  
    2

    Rusak
    4
    BUKU-BUKU


    Rusak Ringan
    5
    MEJA/KURSI
    30/55

    Rusak

    Kondisi kelulusan UN                                                                                    

    Hasil Ujian Nasional T.P 2011/2012
    Peserta
    Lulus
    Tidak Lulus

    Lk
    Pr
    Jlh
    Lk
    Pr
    Jlh
    Lk
    Pr
    Jlh

    Kelas IX
    5
    12
    17
    5
    12
    17




    Jumlah
    5
    12
    17
    5
    12
    17





    Hasil Ujian Nasional T.P 2012/2013
    Peserta
    Lulus
    Tidak Lulus

    Lk
    Pr
    Jlh
    Lk
    Pr
    Jlh
    Lk
    Pr
    Jlh

    Kelas IX
    3
    4
    7
    3
    4
    7




    Jumlah
    3
    4
    7
    3
    4
    7





    Hasil Ujian Nasional T.P 2013/2014
    Peserta
    Lulus
    Tidak Lulus

    Lk
    Pr
    Jlh
    Lk
    Pr
    Jlh
    Lk
    Pr

    Kelas IX
    12
    12
    24
    12
    12
    24
    -
    -

    Jumlah
    12
    12
    24
    12
    12
    24
    -
    -
    Kondisi Ketenagaan :
    Tabel 4. Kondisi Ketenagaan
    Uraian
    Jumlah
    Pendidikan
    Kepala Sekolah
    1
    Wakil Kepsek
    Guru GPK
    Guru GTY
    Guru Honor
    8
    Pegawai
    1
    Jumlah :
    Kepala Tata Usaha
       Guru yang telah mengikuti sertifikasi :
       Tahun  2010-2013    :    6   Orang, Lulus dan bersertifikat Profesi
        Jumlah                     :     6  Orang

    Kondisi Orang Tua Siswa

    Tabel  Kondisi Orang Tua Siswa

    Pekerjaan
    Jumlah
    Penghasilan/
    bulan
    Jumlah
    (%)

    PNS
        1
        RP.  1.000.000-2.000.000
    TNI/POLRI
    Karyawan Swasta
      
    Petani
       66
         RP .  500.000 – 1.000.000
    Pedagang
        1
          RP.  500.000 – 1.000.000
    Buruh Harian
    Jumlah
       68


    Analisis SWOT

    Selain pemilihan alternatif, analisis SWOT juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan dan improvisasi. dengan mengetahui kelebihan (Strength dan opportunity) dan kelemahan kita (weakness dan threat).
    ANALISIS SWOT
    No.
    FUNGSI DAN FAKTOR
    KRITERIA KESIAPAN
    KONDISI NYATA
    TINGKAT KESIAPAN
    SIAP
    TDK. SIAP
    1.
    Fungsi Belajar Mengajar.
    1.1.  Faktor Internal.
    a. Motivasi Guru.
    Tinggi
    Cukup
    b. Alokasi Waktu.
    Efektif
    Efektif
    c. Penggunaan Media.
    Variatif
    Cukup Variatif
    d. Perangkat Pembelajaran.
    Ada
    Ada
    e. SDM Guru.
    Siap
    Siap
    f.  Metode.
    Variatif
    Variatif
    g. Motivasi Siswa.
    Tinggi
    Tinggi
    h. Hubungan Guru dengan siswa.
    Kondusif
    Kondusif
    i. Perilaku Siswa.
    Disiplin
    Cukup
    j. Evaluasi.
    Terstruktur
    Terstruktur
    1.2.  Faktor eksternal.
    a. Lingkungan Fisik.
    Kondusif
    Kondusif
    b. Lingkungan Sosiall.
    Kondusif
    Kondusif
    c.  Kerjasama dengan pihak luar.
    Kooperatif
    Kooperatif
    2.
    Fungsi Pendukung PBM.
    2.1.  Ketenagaan.
    Faktor Internal.
    a.  Ketercukupan TenagaGuru.
    Memadai
    Cukup
    b.  Ketercukupan TenagaAdministrasi
    Memadai
    Memadai
    c.  Kemampuan  Guru  Pem-bimbing.
    Tinggi
    Cukup
    d.  Kemampuan TenagaAdministrasi.
    Tinggi
    Cukup
    e.  Kemampuan Pustakawan.
    Tinggi
    Cukup
    f.   Kemampuan Laboran
    Tinggi
    Tinggi
    Faktor Eksternal.
    a.  Kesesuaian KompetensiGuru.
    Sesuai
    Sesuai
    b.  Kesesuaian dengan nilai /paradigma.
    Sesuai
    Cukup
    c.  Kesesuaian Kompetensi Guru Dengan Bidangnya.
    Sesuai
    Sesuai
    2.2.  Kesiswaan.
    Faktor internal.
    a. Motivasi siswa.
    Tinggi
    Tinggi
    b. Kedisiplinan Siswa.
    Tinggi
    Cukup
    c. Karakteristik Siswa
    Tidak
    Tidak
    d. Keaktifan Siswa
    Aktif
    Aktif
    Faktor eksternal.
    a. Lingkungan fisik.
    Kondusif
    Kondusif
    b. Lingkungan Sosial
    Kondusif
    Kondusif
    c. Dukungan masyarakat luar
    Kondusif
    Kondusif
    d. Pengaruh perilaku sosial
    Kondusif
    Kondusif
    Dari luar.
    e. Pengaruh teknologi
    Sesuai
    Ada Penyimpangan
    2.3. Kurikulum
    Faktor internal.
    a. Dokumen Kuirkulum.
    Lengkap.
    Lengkap
    b. Buku Pegangan Guru
    Lengkap
    Cukup Lengkap
    c. Buku Pegangan Siswa
    Lengkap
    Cukup Lengkap
    Faktor eksternal.
    a. Keseuaian   dengan  ke-butuhan masyarakat.
    Sesuai
    Sesuai
    b. Kesesuaian dengankarakteristik siswa
    Sesuai
    Sesuai
    c. Kesesuaian dengan ke-majuan IPTEK.
    Sesuai
    Sesuai
    2.4.  Perencanaan Instruksional.
    Faktor Internal.
    a. Rencana Pembelajaran.
    Ada, Lengkap
    Ada, Lengkap
    b. Instrumen Penilaian
    Ada, Lengkap
    Ada, Lengkap
    c. Jurnal Mengajar
    Ada, Lengkap
    Ada, Lengkap
    d. Perangkat Pembelajaran
    Ada, Lengkap
    Ada, Lengkap
    e. Remidi dan Pengayaan
    Ada,Sesuai Prosedur
    Ada,Sesuai Prosedur
    Factor eksternal
    a. Kondisi Lingkungan
    Kondusif
    Kondusif
    b. Kerjasama antar guru
    Tinggi
    Tinggi
    2.5.  Sarana Prasarana
    Faktor internal.
    a. Media Pembelajaran
    Ada, memadai
    Ckp, memadai
    b. Ruang Kelas
    Ada, memadai
    Krg memadai
    c. Ruang Bimbingan
    Belum Ada
    Belum Ada
    d. Ruang Pendukung
    Belum Ada
    Belum Ada
    e. Ruang Perpustakaan
    Krg, memadai
    Ckp, memadai
    f.  Ruang Lab. IPA
    Belum Ada
    Belum Ada
    g. Ruang Lab. Bahasa
    Belum Ada
    Belum ada
    h. Ruang Lab. Komputer
    Belum Ada
    Belum Ada
    i.  Fasilitas Olah Raga
    Ada, memadai
    krg, memadai
    j.  Fasilitas Kesenian
    Ada, memadai
    Krg, memadai
    k. Fasilitas Komputer
    Ada, memadai
    Krg, memadai
    l.  Fasilitas Internet
    Belum Ada,
    Belum Ada
    m.Fasilitas   perabot   dan  peralatan.
    Krg, memadai
    Krg, memadai
    Faktor eksternal
    a. Dukungan Lembaga Lain.
    Tinggi
    Tinggi
    b. Dukungan Masyarakat
    Tinggi
    Tinggi
    2.6. Hubungan Madrasah dengan
    Masyarakat.
    Faktor internal.
    a. Komite Madrasah
    Ada
    Ada
    b. Komitmen Komite Madrasah
    Tinggi
    Tinggi
    c. Program Komite Madrasah
    Ada, Lengkap
    Ada, Lengkap
    Faktor eksternal.
    a. Hubungan antar is\nstansi
    Ada, baik
    Ada, baik
    b. Hubungan dengan masyarakat
    Ada, baik
    Ada, baik
    2.7.  Pelaksanaan 10 K.
    Faktor internal.
    a. Letak Geografis Madrasah
    Baik
    Baik
    b. Tatib Madrasah
    Baik, lengkap
    Baik, lengkap
    c. Sarana Prasarana
    Lengkap
    Cukup
    d. Personil
    Lengkap
    Lengkap
    e. Biaya
    memadai
    Cukup
    Faktor eksternal.
    a. Lingkungan Madrasah dan sosial
    Kondusif
    Kondusif
    b. Latar belakang siswa
    Kondusif
    Kondusif
    c. Kemajuan system informasi
    Berpengaruh
    Berpengaruh
    2.8. Keuangan.
    Faktor internal.
    a. RAPBM
    Lengkap
    Lengkap
    b. Laporan Pertanggung-jawaban
    Akuntable
    Akuntable
    c. Pembukuan Keuangan
    Memadai
    Memadai
    d. Bukti Kas
    Ada
    Ada
    e. Penyimpanan
    Aman
    Aman
    f. Sistem pembayaran
    Praktis
    Praktis
    g. Petugas Pelaksana
    Cakap, jujur
    Cakap, jujur
    Faktor eksternal.
    a.  Pengawasan   Komite madrasah
    Baik
    Baik
    b. Pengawasan
    Baik
    Baik
     Demikianlah hasil dari Analisa SWOT Mts Sukaramai

                                                                                                                                  Sukaramai     Desember    2014
                                                                                                    Ka  MTs S Sukaramai

    Baniah Boang Manalu,Spd.I
    NIP.196910102006042002

                                                                                                   

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar