PROFIL MADRASAH
- IDENTITAS MADRASAH
1. NAMA SEKOLAH : MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA SUKARAMAI
2. ALAMAT
MADRASAH
a.
Jalan : Mesjid No.2
b .Desa : Sukaramai
c .Kecamatan : Kerajan
d. Kabupaten : Pakpak Bharat
e. Propinsi : Sumatera Utara
b .Desa : Sukaramai
c .Kecamatan : Kerajan
d. Kabupaten : Pakpak Bharat
e. Propinsi : Sumatera Utara
3. Status : Swasta
4. SK Akreditas : Terdaftar (B)
a. Nomor : 009975
b. Tanggal : 4 Oktober 2010
5. Nomor Statistik Madrasah : 121212150001
6. Tahun Berdiri : Tahun 1988
7. Nama Kepala Madrasah : BANIAH BOANG MANALU
8. SK Kepala Madrasah : No: Kd 02.21/Kp.003/09/SK/2008
9. Nomor Rekening Madrasah :
a. Nomor : 009975
b. Tanggal : 4 Oktober 2010
5. Nomor Statistik Madrasah : 121212150001
6. Tahun Berdiri : Tahun 1988
7. Nama Kepala Madrasah : BANIAH BOANG MANALU
8. SK Kepala Madrasah : No: Kd 02.21/Kp.003/09/SK/2008
9. Nomor Rekening Madrasah :
NPSN : 10208670
B. DATA GURU DAN SISWA
a.
Pegawai Negeri Sipil : 2
Orang
b.
Guru Tetap : 7
Orang
c.
Jumlah : 9
Orang
Data
Siswa Tahun 2014/2015
TINGKAT KELAS
|
SISWA
|
||
LAKAI-LAKI
|
PEREMPUAN
|
JUMLAH
|
|
KELAS VII
KELAS VIII
KELAS IX
|
8
12
12
|
`12
4
20
|
20
16
32
|
JUMLAH
|
32
|
36
|
68
|
C. DATA FASILITAS MADRASAH
NO.
|
NAMA FASILITAS
|
JUMLH
|
KONDISI
|
KET
|
1
|
RUANG KELAS
|
3
|
Rusak
|
|
2
|
RUANG PERPUSTAKAAN
|
1
|
Rusak Ringan
|
|
3
|
KAMAR MANDI
|
2
|
Rusak
|
|
4
|
BUKU-BUKU
|
Rusak Ringan
|
||
5
|
MEJA/KURSI
|
30/55
|
Rusak
|
Kondisi kelulusan UN
Hasil Ujian Nasional T.P 2011/2012
|
Peserta
|
Lulus
|
Tidak Lulus
|
|||||||
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
||
Kelas IX
|
5
|
12
|
17
|
5
|
12
|
17
|
||||
Jumlah
|
5
|
12
|
17
|
5
|
12
|
17
|
Hasil Ujian Nasional T.P 2012/2013
|
Peserta
|
Lulus
|
Tidak Lulus
|
|||||||
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
||
Kelas IX
|
3
|
4
|
7
|
3
|
4
|
7
|
||||
Jumlah
|
3
|
4
|
7
|
3
|
4
|
7
|
Hasil Ujian Nasional T.P 2013/2014
|
Peserta
|
Lulus
|
Tidak Lulus
|
||||||
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
Lk
|
Pr
|
Jlh
|
Lk
|
Pr
|
||
Kelas IX
|
12
|
12
|
24
|
12
|
12
|
24
|
-
|
-
|
|
Jumlah
|
12
|
12
|
24
|
12
|
12
|
24
|
-
|
-
|
Kondisi Ketenagaan :
Tabel 4. Kondisi Ketenagaan
Uraian
|
Jumlah
|
Pendidikan
|
Kepala Sekolah
|
1
|
|
Wakil Kepsek
|
||
Guru GPK
|
||
Guru GTY
|
||
Guru Honor
|
8
|
|
Pegawai
|
1
|
|
Jumlah :
|
||
Kepala Tata Usaha
|
Guru yang telah mengikuti sertifikasi :
Tahun
2010-2013 : 6
Orang, Lulus dan bersertifikat Profesi
Jumlah : 6
Orang
Kondisi Orang Tua Siswa
Tabel Kondisi Orang Tua Siswa
Pekerjaan
|
Jumlah
|
Penghasilan/
bulan
|
Jumlah
(%)
|
PNS
|
1
|
RP. 1.000.000-2.000.000
|
|
TNI/POLRI
|
|||
Karyawan Swasta
|
|||
Petani
|
66
|
RP . 500.000 – 1.000.000
|
|
Pedagang
|
1
|
RP.
500.000 – 1.000.000
|
|
Buruh Harian
|
|||
Jumlah
|
68
|
Analisis SWOT
Selain pemilihan alternatif,
analisis SWOT juga bisa digunakan untuk melakukan perbaikan dan improvisasi.
dengan mengetahui kelebihan (Strength dan
opportunity) dan kelemahan kita (weakness
dan threat).
ANALISIS
SWOT
No.
|
FUNGSI DAN FAKTOR
|
KRITERIA KESIAPAN
|
KONDISI NYATA
|
TINGKAT KESIAPAN
|
|
SIAP
|
TDK. SIAP
|
||||
1.
|
Fungsi Belajar Mengajar.
|
||||
1.1. Faktor Internal.
|
|||||
a. Motivasi Guru.
|
Tinggi
|
Cukup
|
|||
b. Alokasi Waktu.
|
Efektif
|
Efektif
|
|||
c. Penggunaan Media.
|
Variatif
|
Cukup Variatif
|
|||
d. Perangkat Pembelajaran.
|
Ada
|
Ada
|
|||
e. SDM Guru.
|
Siap
|
Siap
|
|||
f. Metode.
|
Variatif
|
Variatif
|
|||
g. Motivasi Siswa.
|
Tinggi
|
Tinggi
|
|||
h. Hubungan Guru dengan siswa.
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
i. Perilaku Siswa.
|
Disiplin
|
Cukup
|
|||
j. Evaluasi.
|
Terstruktur
|
Terstruktur
|
|||
1.2. Faktor eksternal.
|
|||||
a. Lingkungan Fisik.
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
b. Lingkungan Sosiall.
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
c. Kerjasama dengan pihak luar.
|
Kooperatif
|
Kooperatif
|
|||
2.
|
Fungsi Pendukung PBM.
|
||||
2.1. Ketenagaan.
|
|||||
Faktor Internal.
|
|||||
a. Ketercukupan TenagaGuru.
|
Memadai
|
Cukup
|
|||
b. Ketercukupan TenagaAdministrasi
|
Memadai
|
Memadai
|
|||
c. Kemampuan Guru Pem-bimbing.
|
Tinggi
|
Cukup
|
|||
d. Kemampuan TenagaAdministrasi.
|
Tinggi
|
Cukup
|
|||
e. Kemampuan Pustakawan.
|
Tinggi
|
Cukup
|
|||
f. Kemampuan Laboran
|
Tinggi
|
Tinggi
|
|||
Faktor Eksternal.
|
|||||
a. Kesesuaian KompetensiGuru.
|
Sesuai
|
Sesuai
|
|||
b. Kesesuaian dengan nilai /paradigma.
|
Sesuai
|
Cukup
|
|||
c. Kesesuaian Kompetensi Guru Dengan Bidangnya.
|
Sesuai
|
Sesuai
|
|||
2.2. Kesiswaan.
|
|||||
Faktor internal.
|
|||||
a. Motivasi siswa.
|
Tinggi
|
Tinggi
|
|||
b. Kedisiplinan Siswa.
|
Tinggi
|
Cukup
|
|||
c. Karakteristik Siswa
|
Tidak
|
Tidak
|
|||
d. Keaktifan Siswa
|
Aktif
|
Aktif
|
|||
Faktor eksternal.
|
|||||
a. Lingkungan fisik.
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
b. Lingkungan Sosial
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
c. Dukungan masyarakat luar
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
d. Pengaruh perilaku sosial
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
Dari luar.
|
|||||
e. Pengaruh teknologi
|
Sesuai
|
Ada Penyimpangan
|
|||
2.3. Kurikulum
|
|||||
Faktor internal.
|
|||||
a. Dokumen Kuirkulum.
|
Lengkap.
|
Lengkap
|
|||
b. Buku Pegangan Guru
|
Lengkap
|
Cukup Lengkap
|
|||
c. Buku Pegangan Siswa
|
Lengkap
|
Cukup Lengkap
|
|||
Faktor eksternal.
|
|||||
a. Keseuaian dengan ke-butuhan
masyarakat.
|
Sesuai
|
Sesuai
|
|||
b. Kesesuaian dengankarakteristik siswa
|
Sesuai
|
Sesuai
|
|||
c. Kesesuaian dengan ke-majuan IPTEK.
|
Sesuai
|
Sesuai
|
|||
2.4. Perencanaan Instruksional.
|
|||||
Faktor Internal.
|
|||||
a. Rencana Pembelajaran.
|
Ada, Lengkap
|
Ada, Lengkap
|
|||
b. Instrumen Penilaian
|
Ada, Lengkap
|
Ada, Lengkap
|
|||
c. Jurnal Mengajar
|
Ada, Lengkap
|
Ada, Lengkap
|
|||
d. Perangkat Pembelajaran
|
Ada, Lengkap
|
Ada, Lengkap
|
|||
e. Remidi dan Pengayaan
|
Ada,Sesuai Prosedur
|
Ada,Sesuai Prosedur
|
|||
Factor eksternal
|
|||||
a. Kondisi Lingkungan
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
b. Kerjasama antar guru
|
Tinggi
|
Tinggi
|
|||
2.5. Sarana Prasarana
|
|||||
Faktor internal.
|
|||||
a. Media Pembelajaran
|
Ada, memadai
|
Ckp, memadai
|
|||
b. Ruang Kelas
|
Ada, memadai
|
Krg memadai
|
|||
c. Ruang Bimbingan
|
Belum Ada
|
Belum Ada
|
|||
d. Ruang Pendukung
|
Belum Ada
|
Belum Ada
|
|||
e. Ruang Perpustakaan
|
Krg, memadai
|
Ckp, memadai
|
|||
f. Ruang Lab. IPA
|
Belum Ada
|
Belum Ada
|
|||
g. Ruang Lab. Bahasa
|
Belum Ada
|
Belum ada
|
|||
h. Ruang Lab. Komputer
|
Belum Ada
|
Belum Ada
|
|||
i. Fasilitas Olah Raga
|
Ada, memadai
|
krg, memadai
|
|||
j. Fasilitas Kesenian
|
Ada, memadai
|
Krg, memadai
|
|||
k. Fasilitas Komputer
|
Ada, memadai
|
Krg, memadai
|
|||
l. Fasilitas Internet
|
Belum Ada,
|
Belum Ada
|
|||
m.Fasilitas perabot dan peralatan.
|
Krg, memadai
|
Krg, memadai
|
|||
Faktor eksternal
|
|||||
a. Dukungan Lembaga Lain.
|
Tinggi
|
Tinggi
|
|||
b. Dukungan Masyarakat
|
Tinggi
|
Tinggi
|
|||
2.6. Hubungan Madrasah dengan
|
|||||
Masyarakat.
|
|||||
Faktor internal.
|
|||||
a. Komite Madrasah
|
Ada
|
Ada
|
|||
b. Komitmen Komite Madrasah
|
Tinggi
|
Tinggi
|
|||
c. Program Komite Madrasah
|
Ada, Lengkap
|
Ada, Lengkap
|
|||
Faktor eksternal.
|
|||||
a. Hubungan antar is\nstansi
|
Ada, baik
|
Ada, baik
|
|||
b. Hubungan dengan masyarakat
|
Ada, baik
|
Ada, baik
|
|||
2.7. Pelaksanaan 10 K.
|
|||||
Faktor internal.
|
|||||
a. Letak Geografis Madrasah
|
Baik
|
Baik
|
|||
b. Tatib Madrasah
|
Baik, lengkap
|
Baik, lengkap
|
|||
c. Sarana Prasarana
|
Lengkap
|
Cukup
|
|||
d. Personil
|
Lengkap
|
Lengkap
|
|||
e. Biaya
|
memadai
|
Cukup
|
|||
Faktor eksternal.
|
|||||
a. Lingkungan Madrasah dan sosial
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
b. Latar belakang siswa
|
Kondusif
|
Kondusif
|
|||
c. Kemajuan system informasi
|
Berpengaruh
|
Berpengaruh
|
|||
2.8. Keuangan.
|
|||||
Faktor internal.
|
|||||
a. RAPBM
|
Lengkap
|
Lengkap
|
|||
b. Laporan Pertanggung-jawaban
|
Akuntable
|
Akuntable
|
|||
c. Pembukuan Keuangan
|
Memadai
|
Memadai
|
|||
d. Bukti Kas
|
Ada
|
Ada
|
|||
e. Penyimpanan
|
Aman
|
Aman
|
|||
f. Sistem pembayaran
|
Praktis
|
Praktis
|
|||
g. Petugas Pelaksana
|
Cakap, jujur
|
Cakap, jujur
|
|||
Faktor eksternal.
|
|||||
a. Pengawasan Komite madrasah
|
Baik
|
Baik
|
|||
b.
Pengawasan
|
Baik
|
Baik
|
Demikianlah hasil
dari Analisa SWOT Mts Sukaramai
Sukaramai Desember 2014
Ka
MTs S Sukaramai
Baniah Boang Manalu,Spd.I
NIP.196910102006042002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar