photo 44dca132-22a1-4075-a606-ef48a199a5b1_zps49a1316a.jpg
  • القرآن الكريم
  • الحديث
  • Search Ebook
  • Search Ebook
  • Software Download
  • For Android
  • App BlackBerry
  • اللّهمّ صلّ على سيّدنآ محمّد النّبىََّ الاُمي وَعلى آلْْْه وصحبه و سلّم المدرسة المو توسة الاِسلميه الأنصار سكرامى فكفك بهرات

    Senin, 26 Desember 2011

    RPP B.Arab Sem VII


    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    ( R P P )


    MTs                             : MTs Sukaramai
    Mata Pelajaran          : BAHASA ARAB
    Kelas/Semester          : VII/1
    Alokasi Waktu           : 2x40 Menit (1 Kali Pertemuan)


    A.           Standar Kompetensi
             1.      MENYIMAK / ISTIMA'
                      (Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan baik berbentuk gagasan ataupun dialog sederhana tentang  التعارف).
    B.            Kompetensi Dasar
    1.1    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف dengan cara mencocokkan dan  membedakan secara tepat.
    C.            Tujuan Pembelajaran
    §    Mendengarkan wacana tentang berkenalan
    §    Drill pelafalan kosakata
    §    Tanya jawab tentang isi / materi

    D.           Materi Pembelajaran
    TA'ARUF
    §    Teks percakapan
    §    Isim-isim dhomir
    §    Jenis-jenis profesi
    §    Kata Tanya: ma, man, min
    §    Isim isyarah
    §    Membedakan mudzakkar dan mu'annats
    E.            Metode Pembelajaran
    §    Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
    §    Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang التعارف
    §    Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran
    §    Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan
     
    F.           Langkah-langkah Pembelajaran


    Kegiatan
    Waktu
    Aspek Life Skill
    Yang Dikembangkan
    v  Pendahuluan :
    Apersepsi dan Motivasi :
    §  Menanyakan kepada siswa tentang التعارف
    §  Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan
    v  Kegiatan inti
    §  Siswa beradu cepat memasangkan kalimat acak tentang التعارف (eksplorasi)
    §  Siswa membaca  berbagai sumber tentang التعارف (Eksplorasi)
    §  Siswa saling menilai hasil pemasangan berdasarkan apa yang telah dibaca tentang التعارف (Elaborasi)
    §  Siswa  bertanya jawab dengan guru tentang hal-hal yang masih belum jelas  (elaborasi)
    §  Guru memberikan penguatan tentang kesimpulan التعارف (Konfirmasi)
    v  Kegiatan penutup.
    §  Guru melaksanakan penilaian lisan
    §  Memberikan tugas pengayaan
    10




    50






    5

    10

    5
    Pemahaman Konsep


































    G.           Sumber Pembelajaran
    §    Buku paket Bahasa Arab kelas VII
    §    Kaset tentang perkenalan
    §    Media audio visul lain
    H.            Assessment /  Penilaian

    §  Melafalkankan / mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar
    §  Menyebutkan kembali kata-kata / kalimat yang telah didengar seperti: kata sapaan, jenis profesi dll
    Tes tulis

    Tes Tulis
    Uraian


    Uraian
    §  Bedakanlah bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frasa, atau kalimat) dalam suatu konteks wacana lisan tentang التعارف secara tepat!
    §  Sebutkanlah kata-kata / kalimat tentang kata sapaan, jenis profesi!



    .









    Mengetahui
    Kepala Madrasah





    ...........................................
    NIP.

    Sukaramai, ...............................
    Guru Bidang Studi Bahasa Arab





    ..........................................
    NIP.















    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar