photo 44dca132-22a1-4075-a606-ef48a199a5b1_zps49a1316a.jpg
  • القرآن الكريم
  • الحديث
  • Search Ebook
  • Search Ebook
  • Software Download
  • For Android
  • App BlackBerry
  • اللّهمّ صلّ على سيّدنآ محمّد النّبىََّ الاُمي وَعلى آلْْْه وصحبه و سلّم المدرسة المو توسة الاِسلميه الأنصار سكرامى فكفك بهرات

    Minggu, 07 Agustus 2011

    Lumut Daun (Bryophyta)


    Tumbuhan merupakan salah satu keanekaragaman hayati yang banyak dimanfaatkan manusia. Hewan pun bergantung pada tumbuhan sebagai sumber energi. Makhluk hidup seperti apakah tumbuhan itu ?
    Dunia tumbuhan atau kingdom Plantae beranggotakan semua organisme eukariot multiseluler fotosintetik yang memiliki klorofil a dan b, dan embrionya dilindungi oleh jaringan parental.
    Dunia tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan tidak berpembuluh atau non-Tracheophyta dan tumbuhan berpembuluh atau Tracheophyta (Yunani, trakhoia = saluran kecil, phyton = tumbuhan). Tumbuhan non-Tracheophyta adalah kelompok lumut, sedangkan kelompok Tracheophyta adalah tumbuhan paku-pakuan dan tumbuhan berbiji.

    lumut daun merupakan kelompok lumut terbanyak dibandingkan dengan kelompok lumut lainnya, yaitu sekiutar 10 ribu spesies. Bentuk tubuh lumut daun seperti tumbuhan kecil dengan bagian seperti akar (rizoid), batang, dan daun. Lumut daun hidup berkelompok membentuk hamparan tebal seperti beludru. Contoh lumut daun adalah polytrichum dan sphagnum. Polytrichum merupakan lumut berumah satu. Sporofit (sporogonium) tumbuh menjalur dari gametofit betina. Sporofit memiliki klorofil sehingga dapat melakukan foto sintesis. Sporofit (2n) terdiri dari bagian kapsul dan seta (tangkai). Seta melekat pada gametofit untuk memperoleh air dan mineral. Bagian dalam kapsul membentuk sporangium yang menghasilkan spora (n). Lihat gambar 8.7a






    Saat sporofit masih muda, kapsulnya dilindungi oleh kaliptra. Lihat gambar. Kaliptra akan lepas saat kapsul mengandung spora matang. Ujung kapsul yang masak ditutupi oleh penutup (operkulum). Operkulum akan terlepas saat jaringan yang melingkar ditepi operkulum (anulus) pecah. Saat operkulum lepas, spora tidak langsung tersebar karena adanya gigi peristom padas bagian sporangium sebelumnya tertutup operkulum. Spora baru yaqng terlepas akan disebarkan oleh angin. Spora yang jatuh pada tempat lembab akan berkecambah membentuk rangkaian sel berbentuk benang yang disebut protonema. Protonema tumbuh menjadi gametofit.
    Manfaat tumbuhan lumut bagi manusia
    seperti organisme lain lumut dapat memberikan manfaat bagi manusia jika diketahui potensi yang dikandungnya. Beberapa jenis lumut yang sudah dimanfaatkan adalah marchantia sebagai obat penyakit hepar (hati) dan sphagnum sebagai bahan pembalut dan sumber bahan bakar.

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar