photo 44dca132-22a1-4075-a606-ef48a199a5b1_zps49a1316a.jpg
  • القرآن الكريم
  • الحديث
  • Search Ebook
  • Search Ebook
  • Software Download
  • For Android
  • App BlackBerry
  • اللّهمّ صلّ على سيّدنآ محمّد النّبىََّ الاُمي وَعلى آلْْْه وصحبه و سلّم المدرسة المو توسة الاِسلميه العنصر سكرامى فكفك بهرات

    Jumat, 14 Januari 2011

    Pengembangan Kurikulaum

    PANDUAN TEKNIS
    PENGEMBANGAN KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH

    (Dokumen Pendukung: Contoh Perangkat Pembelajaran)




    Disusun oleh:
    Tim Pengembangan Kurikulum Program Pendidikan Dasar
    Kemitraan Australia-Indonesia Departemen Agama Republik Indonesia





    A joint initiative of the Australia and Indonesian Government


    Jakarta, 2009

    KATA PENGANTAR

    Assalamualaikum Wr. Wb.


    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 mewajibkan setiap madrasah mengembangkan dan menetapkan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) sesuai kebutuhannya berdasarkan panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dasar dan menengah yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

    Untuk mencapai tujuan tersebut, Direktorat Pendidikan Madrasah menyusun buku Panduan Teknis Penyusunan Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah dengan bantuan dari Australia-Indonesia Basic Education Progam (AI-BEP), yang dilengkapi dengan sejumlah dokumen pendukung yang berisi contoh penjabaran dari Standar Isi menjadi silabus dan RPP. Perangkat pembelajaran yang dilampirkan sebagai pendukung penyusunan KTSP Madrasah Tsanawiyah terdiri atas contoh berikut.

    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Inggris
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Aqidah Akhlak
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Qur’an dan Hadist
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab
    • Contoh Perangkat Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

    Dokumen-dokumen pendukung tersebut beserta dengan dokumen utama, memberikan dan menjabarkan contoh-contoh untuk beberapa kompetensi dasar dari standar kompetensi yang ditetapkan Pemerintah, serta penerapannya ke dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tujuan utama dokumen pendukung ini adalah bukan untuk memberikan contoh format silabus dan RPP, tetapi lebih ke arah memberikan contoh proses penyusunan silabus dan RPP mulai dari standar isi dengan langkah-langkah seperti yang dijabarkan pada dokumen utama dari Buku Panduan Teknis Penyusunan KTSP Madrasah Tsanawiyah. Oleh sebab itu, dokumen pendukung ini harus digunakan bersama-sama dengan dokumen utama tersebut. Contoh-contoh yang disajikan hanyalah merupakan satu alternatif dari berbagai alternatif yang ada.

    Ucapan terima kasih disampaikan kepada Tim Pusat Pengembang Kurikulum (TPPKM) Departemen Agama, Tim Pereview, dan Tim Konsultan yang telah bekerja sungguh-sungguh menyelesaikan Buku Dokumen Pendukung ini.

    Akhirnya, diharapkan para penyelenggara dan pengelola dapat memanfaatkan Dokumen Pendukung dari Buku Panduan ini sebaik-baiknya sehingga setiap guru mata pelajaran dapat menyusun silabus dan RPP serta mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di madrasah.


    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    Jakarta, 1 Januari 2009

    Pimpinan, AusAID Indonesia
    Direktur Pendidikan Madrasah, Departemen Agama



    Blair Exell
    Drs. H. Firdaus, M.Pd

    DAFTAR ISI


    Halaman

    Kata Pengantar ii
    Daftar Isi iv
    Tim Penyusun v
    A. Pendahuluan viii
    B. Contoh Perangkat Pembelajaran:
    1. Matematika 1
    2. Bahasa Inggris 30
    3. Ilmu Pengetahuan Sosial 56
    4. Bahasa Indonesia 74
    5. Aqidah Akhlak 106
    6. Fiqih 122
    7. Sejarah Kebudayaan Islam 135
    8. Al Qur’an dan Hadist 151
    9. Bahasa Arab 160
    10. Ilmu Pengetahuan Alam 174





    Tim Penyusun

    No. Nama Jabatan Lembaga
    1. Drs. Unang Rahmat, M.Ed Subdit Kurikulum Direktorat Pendidikan Madrasah Departemern Agama
    2. Kastolan , S.Pd Kasi Kurikulum Direktorat Pendidikan Madrasah Departemern Agama
    3. Drs. Darul Janin, M.Pd Kepala Madrasah MTs UIN Jakarta
    4. Dra. Faridah Salim Guru MTsN 7 Jakarta
    5. Dra. Eka Munawaroh, M.Ed Guru MTsN Pamulang
    6. Dra. Euis Amalia Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Ciputat
    7. Mahnan Marbawi, S.Ag Guru SMPN 280 Jakarta
    8. Aminullah, SPd Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Teknis dan Kepndidikan Depag
    9. Drs. Asnawi Susilo Wahono Guru SMK Muhammadiyah 8 Pakis – Malang
    10. Drs. Lebeng Heru, M.Ed Guru MTsN 6 Jakarta
    11. Drs. H. Susari, MA Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Teknis dan Kependidikan Depag
    12. Drs. H. Nasrun Harahap, M.Ed Widyaiswara Pusdiklat Tenaga Teknis dan Kependidikan Depag
    13. Drs. Abdul Muttaqin Guru MTs Pembangunan UIN Jakarta
    14. Musahir, M.Pd Guru MAN 4 Model Pondok Pinang
    15. Abd. Muttaqin Guru MTs Pembangunan UIN Jakarta
    16. Antoni Iswantoro, M.Ed Guru MTsN Talang Padang Lampung
    17. Drs. M. Fallaqul Mubaroq Guru MTs Jakarta
    18. Dra. Hj. Yeni Triasih M.Pd Guru MTs Jakarta
    19. Drs. Idrus Alwy, M.Pd Pengawas Kanwil Depag Provinsi DKI Jakarta
    20. Drs. H Ujang Rofii Pengawas Kanwil Depag Provinsi DKI Jakarta
    B Tim Reviewer
    1. Drs. Mahsusi, MM Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi Depag Direktorat Pendidikan Madrasah Departemen Agama
    2. Drs. H. Asmui’, SH, H.Hum Ketua PUSDIKLAT Pusdiklat Tenaga Teknis dan Kependidikan Depag
    3. Drs. Ari Anantoni Tim Pengembang Kurikulum Puskur Pusat Kurikulum Depdiknas
    4. Prof. Dr. Mungin BSNP Universitas Negeri Semarang
    5. Dra. Zumrotul Mukaffa, M.Ag Dosen IAIN Surabaya
    C. Tim Konsultan
    1. Prof. Dr. Muljani A. Nurhadi, MS, Med. Konsultan MCPM
    3. Dra. Titik Harsiati M. Pd Konsultan MCPM












    A. Pendahuluan
    Lampiran berikut berisi penjabaran mulai dari standar isi sampai menjadi RPP untuk tiap mata pelajaran. Contoh yang disajikan merupakan salah satu contoh penjabaran dari standar isi menjadi RPP secara bertahap sehingga cocok untuk para pemula yang akan mengembangkan silabus dan RPP.

    Contoh yang ada pada lampiran ini menggambarkan langkah- langkah penjabaran mulai dari standar isi sampai menjadi RPP untuk tiap mata pelajaran. Langkah-langkah itu diuraikan berikut.
    Contoh yang ada pada lampiran ini menggambarkan langkah- langkah penjabaran mulai dari standar isi sampai menjadi RPP untuk tiap mata pelajaran. Langkah-langkah tersebut diuraikan berikut.
    1. Membaca dan mendalami SK/KD suatu mata pelajaran dan struktur kurikulum mapel pada kelas tertentu (dilampirkan SK/KD mapel satu tahun dan struktur kurikulum madrasah)
    2. Memetakan SK/KD dengan tujuan (1) menentukan karakteristik/kategori suatu kompetensi dasar (2) menentukan cakupan materi, (2) menentukan pengetahuan prasarat yang diperlukan untuk mencapai KD, atau (3) menata urutan penyajian kompetensi dasar dalam satu semester/ satu tahun. Format dan penentuan tujuan pemetaan disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran. Dengan mengetahui karakteristik KD dari pemetaan dapat dilakukan penentuan waktu yang sesuai dan model perencanaan pembelajaran berikutnya.
    3. Menyusun program tahunan (prota) dengan cara (1) menentukan jumlah minggu dalam 1 tahun (a), (2) menentukan jumlah minggu yang tidak efektif (b), (3) menentukan minggu efektif dalam satu tahun dengan cara a – b = c (minggu efektif dalam satu tahun), dan (4) menentukan jumlah jam pelajaran efektif untuk tiap mata pelajaran dalam satu tahun dengan cara minggu efektif dalam satu tahun x alokasi jam pelajaran (lihat struktur kurikulum MI) = ... jam efektif mapel, (5) mengatur alokasi waktu jam efektif dua semester(satu tahun) untuk pembelajaran dan ulangan, (6) membagi jam efektif untuk ulangan, (7) membagi waktu jam pelajaran efektif untuk semua kompetensi dasar sesuai dengan karakteristik/cakupan KD yang telah ditentukan pada pemetaan, dan (8) menuliskan KD sesuai dengan urutan KD dalam pemetaan beserta waktu yang dialokasikan untuk KD tersebut. Minggu efektif tiap sekolah/madrasah diatur sendiri asalkan dalam satu tahun tidak kurang dari 34 minggu dan tidak lebih dari 38 minggu. Contoh pada lampiran ini perlu disesuaikan dengan kalender akademik madrasah yang ada di KTSP dokumen 1 (dibuat sendiri oleh madrasah). Prota memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif Bahasa Arab yang ada di suatu madrasah yaitu jumlah pekan efektif satu tahun x alokasi waktu Bahsa Arab di struktur kurikulum MI (2 jam). Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu efektif semester 1 yang ada di madrasah 17 dan semester 2 juga 17. Jam efektif Bahasa Arab satu semester sejumlah 17x2 = 34 jam. Berarti satu tahun sekolah memiliki 68 jam efektif untuk mapel Bahasa Arab. Alokasi waktu sejumlah 34 jam per semester tersebut diatur untuk pembelajaran semua KD yang ada pada satu semester dan untuk ulangan harian. Alokasi waktu tiap KD tergantung karakteristik dan cakupan KD.
    4. Menyusun program semester (prosem) dengan cara (1) menentukan alokasi waktu jam efektif satu semester yang sudah dituliskan pada prota (pembelajaran dan ulangan), dan (2) mendistribusikan jam efektif pembelajaran dan ulangan pada rincian mingguan dalam tabel kalender akademik madrasah. Urutan penyajian KD disesuaikan dengan pemetaan yang telah dilakukan. Urutan TIDAK HARUS sama dengan urutan dalam standar isi. Pengaturan urutan penyajian yang telah dirancang pada pemetaan dituliskan pada prosem. Contoh pada lampiran ini perlu disesuaikan dengan kalender akademik madrasah yang ada di KTSP dokumen 1. Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu per KD pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran yang ada pada prota. Bedanya, program semester menggambarkan lebih rinci penyajian kompetensi dasar pada minggu ke berapa dan pelaksanaan ulangan pada minggu ke berapa.
    5. Menyusun silabus yaitu menjabarkan semua KD menjadi komponen-komponen silabus yaitu (1) identitas/tema mapel, (2) SK/KD, (3) materi, (4) kegiatan pembelajaran, (5) indikator, (6) penilaian, (7) alokasi waktu, dan (8) sumber belajar. Urutan penulisan KD dalam silabus sesuai dengan pemetaan yang dilakukan dan alokasi waktu sesuai dengan prota. Pada contoh yang dilampirkan ini silabus hanya diberikan contoh satu kompetensi dasar saja. Kompetensi dasar yang dibuat silabus pada lampiran ini dicetak tebal pada prota maupun promes. Madrasah diharapkan menyusun sendiri untuk seluruh kompetensi dasar dengan panduan yang tersedia.
    6. Menyusun RPP yaitu menjabarkan lebih lanjut silabus menjadi lebih operasional terutama pada kegiatan pembelajaran dan wujud alat penilaiannya. RPP menjabarkan pelaksanaan suatu KD menjadi satu atau beberapa pertemuan sesuai dengan waktu yang dimiliki. Komponen RPP mencakup (1) identitas/tema dan alokasi waktu, (2) SK/KD, (3) tujuan pembelajaran, (4) materi, (5) metode pembelajaran, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian hasil belajar, dan (8) sumber belajar. Kompetensi dasar pada RPP contoh sesuai dengan kompetensi dasar pada contoh silabus. Tiap-tiap mapel diberi contoh satu kompetensi dasar. RPP yang baik sudah dilengkapi bahan ajar/LKS, instrumen penilaian yang siap pakai (ada soal/perintah dan pedoman penilaian/ rubrik).























    TABEL STRUKTUR KURIKULUM
    MADRASAH TSANAWIYAH



    K o m p o n e n Kelas dan Alokasi Waktu
    VII VIII IX
    A. Mata Pelajaran
    1. Pendidikan Agama Islam
    a. Al-Qur'an-Hadis 2 2 2
    b. Akidah-Akhlak 2 2 2
    c. Fikih 2 2 2
    d. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2 2
    2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
    3. Bahasa Indonesia 4 4 4
    4. Bahasa Arab 2 2 2
    5. Bahasa Inggris 4 4 4
    6. Matematika 4 4 4
    7. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
    8. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
    9. Seni Budaya 2 2 2
    10. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2 2 2
    11. Keterampilan/TIK 2 2 2

    B. Muatan Lokal *) 2 2 2
    C. Pengembangan Diri **) 2 2 2
    J u m l a h 42 42 42

    Keterangan:
    *) Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan
    potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
    **) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan
    peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi
    satuan pendidikan (madrasah).

    B. LAMPIRAN CONTOH PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDUKUNG

    1. MATEMATIKA


    A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
    Kelas VII, Semester 1

    Standar Kompetensi Komptensi Dasar
    Bilangan
    1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
    1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
    2.1 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
    Aljabar
    2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel



    2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
    2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
    2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
    2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
    3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah 3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
    3.2 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
    3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
    3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah



    Kelas VII, Semester 2

    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    Aljabar
    4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

    4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
    4.2 Memahami konsep himpunan bagian
    4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
    4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
    4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
    Geometri
    5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya


    5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
    5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
    5.3 Melukis sudut
    5.4 Membagi sudut
    6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
    6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
    6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
    6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu


    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII

    Standar Kompetensi Komptensi Dasar Kategori Prasyarat
    Pemahaman konsep Penerapankonsep/ pemecahan masalah
    Bilangan
    1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
    1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
    1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah

    Aljabar
    2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

    2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
    2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
    2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
    2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
    3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah 3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
    3.2 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
    3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
    3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah


    Kelas VII, Semester 2

    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    Aljabar
    4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah

    4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
    4.2 Memahami konsep himpunan bagian
    4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
    4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
    4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

    Geometri
    5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya



    5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
    5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
    5.3 Melukis sudut
    5.4 Membagi sudut
    6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya 6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
    6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
    6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
    6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

    Catatan
    Pemetaan pada mapel matematika terutama bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik KD dan pengetahuan prasarat yang diperlukan untuk membelajarkan suatu KD. Hal ini berkaitan dengan karakteristik mapel Matematika . Alokasi waktu diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif Matematika yang ada di suatu madrasah yaitu jumlah pekan efektif x alokasi waktu Matematikan di struktur kurikulum MI. Jumlah alokasi waktu tiap KD tidak sama tergantung karakteristik KD. Misalnya, KD pemecahan masalah tentunya memerlukan lebih banyak waktu daripada KD pemahaman konsep.







    CONTOH PROGRAM TAHUNAN

    Mata Pelajaran : Matematika
    Satuan Pendidikan: MTs Negeri
    Tahun Pelajaran : 2008/2009
    Kelas :VII

    Semester No SI Komptensi Dasar Alokasi Waktu (JP) Keterangan
    1 1
    1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
    1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah
    18 JP

    4 JP 22 jp



    2
    2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya
    2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
    2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu variabel
    2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel
    2 JP

    8 JP

    6 JP
    4 JP
    20 jp
    3
    3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
    3.2 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
    3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
    3.4 Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

    4 JP


    6 JP



    8 JP

    8 JP
    26 jp
    JUMLAH 68 jp
    2 4
    4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
    4.2 Memahami konsep himpunan bagian
    4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
    4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram Venn
    4.5 Menggunakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah
    2 JP

    2 JP

    6 JP

    4 JP

    6 JP 20 jp
    5
    5.1 Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut
    5.2 Memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain
    5.3 Melukis sudut
    5.4 Membagi sudut
    4 JP


    8 JP




    6 JP
    6 JP 24 jp

    6.1 Mengidentifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
    6.2 Mengidentifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang
    6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah
    6.4 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu
    2 JP

    2 JP

    10 JP


    6 JP 20 jp
    Catatan
    Prota memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu tahun dengan alokasi waktu selama satu tahun. Jumlah alokasi waktu pada prota diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif Matematikan yang ada di suatu madrasah yaitu jumlah pekan efektif satu tahun x alokasi waktu Matematika di struktur kurikulum MTs (minimal 4 jam). Jumlah pekan efektif satu tahun sesuai aturan terentang 34 -38 minggu. Misalnya, minggu efektif semester 1 yang ada di madrasah 17 dan semester 2 juga 17. Jam efektif Matematika satu semester sejumlah 17x4 = 68 jam. Berarti satu tahun sekolah memiliki 136 jam efektif untuk mapel Matematika. Alokasi waktu sejumlah 68 jam per semester tersebut diatur untuk pembelajaran semua KD yang ada pada satu semester dan untuk ulangan harian. Alokasi waktu tiap KD tergantung karakteristik dan cakupan KD.


    CONTOH PROGRAM SEMESTER

    Mata Pelajaran : Matematika
    Satuan Pendidikan : MTsN
    Kelas / Semester : VII/1
    Tahun Pelajaran : 2008-2009


    NO. KOMPETENSI DASAR BULAN
    Alo
    kasi JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOPEMBER DESEMBER
    Waktu 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
    1 1.1 Menyelesaikan operasi bilangan bulat dan mengenal sifat operasi bilangan bulat 18 4 4 4 4 2 L
    R LIBUR IDUL FITRI LIBUR IDUL FITRI A A G N C D N A

    1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah 4 2
    2
    2 2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya 2 2
    2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar 8 4 4 -
    2.3 Menyelesaikan persamaan linear satu variabel 6 4 2
    2.4 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel 4 2 2
    3.1 Membuat model matematika dari masalah 4 2 2
    3 yang berkaitan dengan persamaan dan
    pertidaksamaan linear satu variabel -
    3.2 Menyelesaikan model matematika dari 6 2 4
    masalah yang berkaitan dengan persamaan dan
    pertidaksamaan linear satu variabel
    3.3 Menggunakan konsep aljabar dalam 8 4 4
    pemecahan masalah aritmetika sosial yang
    sederhana
    3.4 Menggunakan perbandingan untuk 8 4 2 4
    pemecahan masalah



    Catatan
    Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif Matematika yang ada pada prota.


    CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN
    Sekolah : MTs
    Kelas : VII
    Mata Pelajaran : Matematika
    Semester : I(satu)

    Standar Kompetensi : BILANGAN
    1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah




    Kompetensi
    Dasar Kegiatan Pembelajaran Materi
    Pokok/
    Pembelajaran Indikator Assessment - Teknik (Bentuk Instrumen)
    Contoh Instrumen Sumber
    Belajar Alokasi
    Waktu
    1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
    1. Mengamati beragai contoh penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
    Bilangan Bulat
     menjelaskan pengertian bilangan bulat

     memberikan contoh penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari Contoh: (Tes tertulis )
    Berikan contoh penggunaan bilangan bulat positif dan negatif dalam kehidupan sehari-hari
    Buku paket
    2 x 40’
    2. Berpasangan menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan dan memahami makna urutannya dengan mengambil contoh penggunaan termometer





    - Sifat urutan






     menentukan letak suatu bilangan bulat pada garis bilangan





    Contoh: (Tes tertulis )
    (melengkapi gambar)




    Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.
    a. -6, 5, -8, 0, 1
    b. -1, -2, 3, 4, 10

    Termometer 2 x 40’

    3. Memperagakan operasi hitung pada bilangan bulat dengan alat bantu mistar bilangan bulat dan menggunakan puzzle bilangan bulat

    - Operasi hitung bilangan bulat
    • Penjumlahan
    • Pengurangan
    • Perkalian
    • Pembagian
    • Pangkat dua dan pangkat tiga
    • Akar pangkat dua dan akar pangkat tiga
     melakukan operasi hitung bilangan bulat

    Contoh: (Tes tertulis )
    1. Hitunglah:
    a. 24 – 9 + 15 = ...
    b. 4 – (-9) – 13 = ...
    c. [(-5) x 2 ]3 = ...
    d. = ...
    2. Berdasarkan ramalan cuaca temperatur di jakarta 280 C, sedangkan di Berlin -50C. Berapakah perbedaan temperatur kedua kota tersebut!
    3. Sederhanakanlah bentuk perkalian 3  3  3  5  5  5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.
    1. mistar bilangan bulat
    2. puzzle bilangan bulat 4 x 40’
    4. Melalui beberapa contoh sifat operasi bilangan bulat, siswa dapat menarik kesimpulan umum tentang sifat-sifat operasi ilangan bulat .


    Sifat-sifat operasi hitung:
    - Komutatif
    - Assosiatif
    - Distributif
    - Tertutup
    - Unsur identitas
    - invers
     menjelaskan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat

    Contoh: (Tes tertulis )
    1. Hitunglah: 7 x 98 dengan mengunakan sifat distributif perkalian terhadap pengurangan.
    1. Buku paket
    2. Surat kabar 2 x 40’





    5. Simulasi membagi buah semangka untuk menjelaskan pengertian bilangan pecahan
    Bilangan pecahan  Menjelaskan pengertian bilangan pecahan
    Contoh: (Tes tertulis )
    Sebuah semangka dibagi menjafdi dua bagian yang sama, kemudian dari masing-masin bagian dibagi lagi menjadi tiga bagian yang sama. Maka satu bagian dari semangka tersebut setara dengan pecahan ...
    Buah semangka 2 x 40’
    6. Simulasi menggunakan kartu pecahan untuk membandingkan dan mengurutkan bilangan pecahan
    urutan bilangan pecahan
     Membandingkan dan mengurutkan pecahan
    Contoh: (Tes tertulis )
    Urutkan bilangan-bilangan pecahan berikut dari yang terkecil hingga terbesar:
    , , dan
    Kartu Pecahan 2 x 40’
    7. Mengklasifikasikan macam-macam bilangan pecahan dengan mengambil contoh cara penulisan waktu ( jam) dalam beberapa bentuk

    - Macam-macam pecahan
    • Pecahan biasa
    • Pecahan
    Campuran
    • Pecahan
    Desimal
    • Persen
    • Bentuk baku
     Menjelaskan macam - macam pecahan

     Mengubah pecahan dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain
    Contoh: (Tes tertulis )
    Kelompokkan bilangan pecahan berikut berdasarkan macamnya!
    a. , b. 2 c. 0.325
    d. e. 21 %
    Buku Paket
    Jam 2 x 40’
    8. Mendemonstrasikan operasi hitung pada bilangan pecahan
    - 0perasi hitung bilangan pecahan
    • Penjumlahan
    • Pengurangan
    • Perkalian
    • Pembagian  Melakukan operasi hitung bilangan pecahan
    Contoh: (Tes tertulis )
    Hitunglah!
    a. 3 ½ + 5 ¼ - 5/3 = ....
    b. 2 ½ x (3/4) : 1 7/8 = ...
    Buku Paket 4 x 40’







    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)


    Nama Sekolah :
    Mata Pelajaran : Matematika
    Kelas : VII (Tujuh)
    Semester : 1 (Satu)


    Standar Kompetensi :
    1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

    Kompetensi Dasar :
    1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

    Indikator :
    1. Memberikan contoh bilangan bulat.
    2. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
    3. Melakukan operasi hitung bilangan bulat.
    4. Menjelaskan sifat operasi hitung bilangan bulat.
    5. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
    6. Menjelaskan pengertian bilangan pecahan
    7. Membandingkan dan mengurutkan pecahan
    8. Menjelaskan macam-macam pecahan.
    9. Mengubah pecahan dari bentuk yang satu ke bentuk pecahan yang lain.
    10. Melakukan operasi hitung bilangan pecahan


    A. Tujuan Pembelajaran

    a. Siswa dapat memberikan contoh bilangan bulat.
    b. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
    c. Siswa dapat melakukan operasi hitung pada bilangan bulat.
    d. Siswa dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
    e. Siswa dapat menjelaskan pengertian pecahan
    f. Siswa dapat mengurutkan pecahan
    g. Siswa dapat menjelaskan macam-macam pecahan.
    h. Siswa dapat mengubah pecahan dari satu bentuk ke bentuk pecahan yang lain.
    i. Siswa dapat menyelesaikan operasi hitung pada pecahan.
    j. Siswa dapat menuliskan bilangan pecahan bentuk baku.

    B. Materi Ajar
    Bilangan bulat dan Pecahan
    • Bilangan bulat
    - Operasi hitung pada bilangan bulat (Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pangkat, akar pangkat)
    - Sifat-sifat operasi hitung
    • Bilangan Pecahan
    - Macam Pecahan (Pecahan biasa, campuran, desimal, persen, bentuk baku)
    - Operasi hitung bilangan pecahan (Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian

    C. Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran (9 pertemuan).
    D. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi, demonstrasi, simulasi dan penugasan.

    E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    No Kegiatan Waktu Metode

    1
    Pertemuan pertama
    Kegiatan awal
    • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
    • Melalui tanya jawab, guru menggali pengetahuan siswa mengenai bilangan bulat dan jenisnya,serta penempatannya pada garis bilangan

    Kegiatan Inti
    Eksplorasi:
    • Siswa mengamati penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari
    Elaborasi ;
    • Siswa melanjutkan diskusi mengenai bilangan bulat dan jenisnya dipandu oleh guru
    • Ditayangkan sebuah garis bilangan, siswa diminta menempatkan beberapa bilangan bulat pada garis bilangan tersebut
    • Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku paket.
    Konfirmasi:
    • Guru memberi penguatan dari kegiatan yang telah dilakukan siswa

    Penutup
    • Membuat kesimpulan mengenai bilangan bulat, letak dan urutannya pada garis bilangan.
    • Melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan
    • Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah 2 x 40 menit
    15’





    40 ’













    25’
    1. Tanya jawab
    2. Ceramah
    2 Pertemuan ke dua
    Kegiatan awal
    • Guru menggali pengetahuan prasyarat siswa mengenai bilangan bulat dan jenis- jenisnya serta contohnya
    • Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan kegiatan yang akan dilakukan
    • Memotivasi: penguasaan kompetensi ini merupakan materi dasar (prasarat) untuk mempelajari materi matematika yang lebih tinggi maupun untuk digunakan dalam pemecahan masalah sehari-hari.
    • Siswa di bagi ke dalam 6 kelompok.

    Kegiatan Inti
    Eksplorasi:
    • Siswa menyebutkan operasi matematika yang telah diketahui dan memberikan masing-masing contohnya.
    Elaborasi:
    • Guru mensimulasikan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan puzzle bilangan bulat.
    • Secara berkelompok, siswa melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat dengan menggunakan puzzle.
    • Siswa diminta memaparkan hasil kerja kelompoknya, dan kelompok lain menanggapi.
    Konfirmasi:
    • Untuk pendalaman materi siswa mengerjakan latihan soal-soal yang ada di buku paket

    Penutup
    • Melakukan refleksi dari kegiatan yang telah dilakukan
    • Membuat kesimpulan mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat
    4 x 40 menit
    25’









    105’













    30’
    1. Tanya jawab
    2. Diskusi
    3. Demontrasi
    3 Pertemuan ke tiga
    Kegiatan awal
    • Memberikan quiz untuk mengecek pemahaman siswa mengenai operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat

    Kegiatan Inti
    Eksplorasi:
    • Siswa mencari informasi mengenai operasi perkalian dan pembagian.dan prinsip mengoperasikannya
    Kolaborasi:
    • Guru memberikan tugas kunjungan ke kantin Madrasah/ koperasi secara berkelompok untuk mengamati penggunaan bilangan bulat.
    • Mendiskusikan hasil kunjungan dengan mengaplikasikan operasi hitung ( tambah ,kurang , bagi kali dan operasi campuran )
    • Mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas
    Konfirmasi:
    • Guru melakukan penilaian proses dan hasil presentasi
    • Guru memberikan penguatan mengenai operasi pada bilangan bulat

    Penutup
    • Membuat kesimpulan mengenai konsep operasi pada bilangan bulat dengan bimbingan guru
    • Penugasan (PR) 4x 40 Menit
    20 ’



    80’









    60’ 1.Tanya jawab
    2.Diskusi
    3. Simulasi Penjual makanan di kantin

    4
    Guru melakukan uji kompetensi 1 ( tes) untuk mengetahui penguasaan kemampuan siswa terhadap materi bilangan bulat yang sudah diajarkan
    2 x 40 Menit

    F. Media dan Sumber Belajar
    1. MEDIA
    • Puzzle bilangan bulat • Kartu Pecahan
    • Benda-benda yang bisa dibagi menjadi bagian yang sama • Buah-buahan

    2. SUMBER BELAJAR
    • Buku teks
    • LKS
    • Sumber lain yang berkaitan dengan bilangan bulat
    • Kegiatan jual beli di kantin

    G. PENILAIAN
    Teknik : tugas individu, kuis, ulangan harian.
    Bentuk Instrumen : uraian singkat

    a. Penilaian proses dilakukan dengan mengamati kegiatan selama proses pembelajaran.

    Rubrik penilaian proses :
    No N a m a KEAKTIFAN KETEPATAN KERJASAMA
    1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4



    Keterangan :
    1. Kurang 3. Baik
    2. Cukup 4. Sangat baik

    b. Penilaian Hasil :
    LEMBAR PENILAIAN TES TERTULIS
    Pertemuan ke - 1
    No Butir-butir soal Kunci Jawaban Skor
    1 Perhatikan daftar berikut: -60, 10, 15, 24, +85, -6, 0, 3.
    a. Tulislah bilangan bulat positifnya.
    b. Tulislah bilangan bulat negatifnya.
    c. Manakah yang bukan bilangan bulat positif maupun
    1. negatif. a. 10, 15, 24, +85, 3
    b. -60, -6
    c. 0
    30
    2. Letakkan bilangan-bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan.
    a. -6, 5, -8, 0, 1
    b. -1, -2, 3, 4, 10
    c. -3, -5, 7, 9, -10


    a. -8 -6 0 1 5

    b. -2 -1 3 4 10

    c. -10 -5 -3 7 9
    30
    3. Sisipkan lambang  atau  diantara pasangan bilangan berikut agar diperoleh kalimat yang benar
    2. a. 7 ..... 17 c. 0 ..... -3
    3. b. -6 .... -9 d. -5 .... 2
    a.  c. 
    b.  d. 
    45
    Total Skor 100


    Pertemuan ke - 2
    No Butir-butir soal Kunci Jawaban Skor
    1 Hitunglah.
    a. 4 + (-6) c. 8 + (-3) - 5
    b. -14 – (-20) d. -7 – (-9) + 10 a. -2 c. 0
    b. 6 d. 12
    40
    2. Mino mempunyai sebuah bilangan bulat. Bilangan tersebut bila dikalikan 2 kemudian ditambah 7 menghasilkan bilangan itu sendiri. Tentukan nilai bilangan tersebut.

    2x + 7 = x
    x = -7
    30
    3. Daging sapi dimasukkan ke dalam ruang pendingin bersuhu . Kemudian, daging sapi dikeluarkan untuk dijual dan suhunya naik setiap 1 jam. Berapakah suhu daging sapi setelah 6 jam dikeluarkan dari ruang pendingin?
    4.
    3
    30
    Total Skor 100


    Pertemuan ke - 3
    No Butir-butir soal Kunci Jawaban Skor
    1 Hitunglah.
    a. 3 x (-7 + 10) c. 18 : (-3) - 5
    b. -7 x (-20) : 4 d. 30 : -5 : 2
    a. 9 c. -11
    b. 35 d. -3
    24
    2. a. 2 (4 5) = ....
    b. (2 4) 5 = ....
    Jadi, 2 (4 5) = ( .... ....) ....
    a. 40
    b. 40
    (2 x 4) x 5
    12
    3. Hitunglah.
    a. Kuadrat dari (-20) c.
    b. d.
    5.
    a. 400 c. 64
    b. 3 d. 2

    20


    4 Sederhanakanlah bentuk perkalian 3  3  3  5  5  5 menjadi bentuk pangkat tiga, kemudian hitunglah.

    33 x 53 atau (3 x 5)3
    10
    5 Dalam suatu permainan, bila menang diberi nilai 3, bila kalah diberi nilai -2, dan bila seri diberi nilai -1. Suatu regu telah bermain sebanyak 47 kali, 21 menang, dan 3 kali seri. Nilai yang diperoleh regu itu adalah ....
    14

    34
    Total Skor 100

    Keterangan :
    0 < Nilai < 59 = kurang
    60 < Nilai < 69 = Cukup
    70 < Nilai < 85 = Baik
    86 < Nilai < 100 = sangat baik


    Pamulang, Juli 2007.
    Mengetahui, Guru Mata Pelajaran Matematika
    Kepala Sekolah





    .................................. .......................................



    2. BAHASA INGGRIS
    RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF DALAM SEMESTER

    MATA PELAJARAN : Bahasa Inggris
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 ( Satu )
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
    I Jumlah Pekan dan Satu Semester II. Jumlah Pekan Tidak Efektif

    No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN
    1 Juli 5 1 Juli 3
    2 Agustus 4 2 Agustus -
    3 September 4 3 September 1
    4 Oktober 5 4 Oktober 2
    5 November 4 5 November -
    6 Desember 5 6 Desember 4
    JUMLAH (a) 27 JUMLAH (b) 10

    III. Jumlah Pekan Efektif IV. Jumlah Jam Efektif
    (a) 27 - (b) 10 ) = ( c ) 17 Pekan ( c ) 17 X 4 = 68 Jam

    V. Kegiatan semester 1 yang bukan jam efektif
    No Nama bulan Pekan ke Uraian kegiatan
    1 Juli 1,2,3 Libur TP. 2007/2008 & Mos/LDKS Kls VII TP. 2008/2009
    2 Agustus -
    3 September 1 dan 4 Libur awal Ramadhan dan Idul Fitri
    4 Oktober 1,2 Libur Idul Fitri 1429 H
    5 November -
    6 Desember 2,3,4 & 5 UAS, Persiapan dan Pembagian Rapor dan Libur Smt


    B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU

    NO. KOMPETENSI DASAR/ ASPEK ALOKASI WAKTU (JAM PELAJARAN)
    RENCANA TERLAKSANA
    1 KD. 1.1. Listening 6
    2 KD. 1.2. Speaking 6
    3 KD. 2.1. Listening 6
    4 KD. 2.2. Speaking 6
    5 KD. 3.1. Reading 6
    6 KD. 3.2. Writing 6
    7 KD. 4.1. Listening 4
    8 KD. 4.2. Speaking 6
    9 KD. 5.1. Listening 4
    10 KD. 5.2. Speaking 6
    11 KD. 6.1. Reading 6
    12 KD. 6.2. Writing 6
    JUMLAH 68

    Mengetahui Jakarta, …………… 200..
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,




    ………………………………………. ……………………………..
    NIP ……………………………… NIP ………………………









    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Inggris SMP/MTs

    Kelas VII, Semester 1
    Standar Kompetensi B. Kompetensi Dasar
    Mendengarkan
    1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



    1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
    1.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
    2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    2.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    Berbicara
    3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat




    3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
    3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
    4. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    Membaca
    5. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
    5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
    5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
    Menulis
    6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat












    Kelas VII, Semester 2

    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    Mendengarkan
    7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat



    7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
    7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
    8. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana yang berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 8.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    8.2 Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
    Berbicara
    9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta dan memberi fakta
    9.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal
    10. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 10.1 Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    10.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
    Membaca
    11. Memahami makna teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure yang berkaitan dengan lingkungan terdekat

    11.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
    11.2 Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure

    11.3 Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima
    Menulis
    12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

    12.1 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    12.2 Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure















    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR DAN ALOKASI WAKTU
    PELAJARAN BAHASA INGGRIS MTs
    KELAS VII SEMESTER 1


    NO
    ASPEK
    STANDAR KOMPETENSI
    KOMPETENSI DASAR
    TINDAK TUTUR
    GENRE ALOKASI
    WAKTU
    URUTAN
    1 Listening 1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat


    1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang
    1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan ●menyapa orang yang belum/sudah dikenal

    ●memperkenal-kan diri sendiri/orang lain

    ●memerintah atau melarang








    ●meminta dan memberi informasi
    ●mengucapkan terima kasih
    ●meminta maaf
    ●mengungkapkan kesantunan Script of dialogue/ monologue













    Script of dialogue/ monologue

    6















    6










    1















    3






    2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    2.2 Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    ●Simple present tense

    ●Imperative

    ●Prohibition

    ●Simple present tense

    ●Imperative

    ●Prohibition
    pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.


    pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.
    4







    4 7







    9
    2 Speaking 3 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

    3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang

    3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan ●menyapa orang yang belum/sudah dikenal
    ●memperkenalkan diri sendiri/orang lain
    ●memerintah atau melarang











    ●meminta dan memberi informasi
    ●mengucapkan terima kasih
    ●meminta maaf
    ●mengungkapkan kesantuna Dialogue/ monologue













    Dialogue/ monologue
    6














    6




    2














    4






    4 Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

    4.2 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat ●Simple present tense

    ●Imperative

    ●Prohibition


    ●Simple present tense

    ●Imperative

    ●Prohibition pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.




    pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.
    6









    6 8









    10






    3 Reading 4. Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
    . 5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
    5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat ●Simple present tense
    ●Simple past tense
    ●Imperative
    ●Prohibition



    ●Simple present tense
    ●Simple past tense
    ●Imperative
    ●Prohibition pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

    pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll. 6






    6 5






    11





    4 Writing 6 Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

    6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
    ●Simple present tense
    ●Simple past tense
    ●Imperative
    ●Prohibition







    ●Simple present tense
    ●Simple past tense
    ●Imperative
    ●Prohibition pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.





    pengumuman, perhatian, pesan, monolog, daftar belanja, dll.

    6










    6 6










    12
    4 Aspek 6 SK 12 KD 2 Genre 68 Jam


    CONTOH PROGRAM TAHUNAN

    Sekolah : MTs ..................................
    Mata Pelajaran : BAHASA INNGRIS
    Tahun Pelajaran : 2008/ 2009

    Semester No. SK Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Alokasi Waktu
    1 1 1.1.Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang 6
    1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan 6
    2 2.1. Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 4
    2.2.Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 4
    3 3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan memerintah atau melarang 6
    3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan 6
    4 4.1. Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 6
    4.2. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 6
    5 5.1. Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 6
    5.2. Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 6
    6 6.1. Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 6
    6.2. Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 6
    J U M L A H J A M 68


    Semester No. SK Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Alokasi Waktu
    2 7 7.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta 6
    7.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, dan merespon secara interpersonal 6
    8 8.1. Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 4
    8.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure 4
    9 9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan meminta dan memberi fakta 6
    9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon secara interpersonal 6
    10 10.1.Mengungkapkan makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 6
    10.2.Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure 6
    11 11.1.Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat 6
    11.2.Merespon makna dan langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
    11.3. Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan procedure dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima 6
    12 12.1.Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 6
    12.2.Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure 6
    J U M L A H J A M 68



    CONTOH PROGRAM SEMESTER
    Madrasah tsanawiyah

    MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 (SATU)
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    NO. NO. KD/ASPEK ALOKASI Juli Agustus September Oktober November Desember KET.
    WAKTU 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5
    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25
    1 1.1 Listening 6 4 2
    2 3.1 Speaking 6 2 4
    3 1.2 Listening 6 4 2
    4 3.2 Speaking 6 2 4 LIBUR AKHIR RAMADAN LIBUR IDUL FITRI LIBUR IDUL FITRI U A S PERSIAPAN PEMBAGIAN RAPOR PERSIAPAN PEMBAGIAN RAPOR LIBUR SEMESTER GANJIL
    5 5.1 Reading 6 2 4
    6 6.1 Writing 6 LIBUR AWAL RAMADAN 4 2
    7 2.1 Listening 4 MOS/ MOM 2 2
    8 4.1 Speaking 6 2 4
    9 2.2 Listening 4 4
    10 4.2 Speaking 6 4 2
    11 5.2 Reading 6 2 4
    12 6.2 Writing 6 4 2
    Jumlah 68 4 4 4 4 4 4 2 4 4 0 0 0 4 4 4 4 4 4 4 4 2

    Mengetahui Jakarta, Juli 2008
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,


    ……………………………………………….. …………………………………..

    CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN
    Sekolah : MTs …
    Kelas : VII (Tujuh)
    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Semester : 1 (satu)
    Standar Kompetensi : 1. 1. Mendengarkan – Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.


    Kompetensi Dasar
    Kegiatan Pembelajaran Materi Pokok/Pembelajaran
    Indikator
    Assessment Sumber Belajar Alokasi Waktu

    1.1.Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal ( bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, memerintah atau melarang.























    ●Mendengarkan pertanyaan berkaitan dengan materi.
    ●Mendengarkan penjelasan guru tentang maksud dan tujuan pembelajaran
    ●Memperhatikan dan mendengarkan VCD/kaset yang menggambarkan bagaimana:
    - Menyapa orang
    yang sudah/ belum
    dikenal
    - Memperkenalkan
    diri/orang lain
    - Memerintah/ melarang
    orang lain untuk
    melakukan sesuatu

    ●Dipandu dengan pertanyaan guru, siswa menemukan, menjawab dan akhirnya menyimpulkan ungkapan-ungkapan tsb.


    Membahas kosa kata yang terkait dengan tindak tutur di atas

    - Di tempat duduk masing-masing, semua siswa mempraktekkan ragam bahasa dengan tindak tutur tersebut di atas dengan teman sebangku.

    - Siswa maju ke depan kelas untuk melakukan tindak tutur bahasa secara perorangan/ atau berpasangan, sedangkan siswa lainnya memperhatikanny
    Contoh: Script Listening

    Greeting/Menyapa
    A: Good morning.
    How are you?
    B: Fine. Thanks.
    Nice to meet you.

    Introducing oneself/ Memeperkenalkan diri
    A: Hello, I’m Nina.
    B: Hi, I’m Reni.
    Nice to meet you.

    Introducting others/ Memperkenalkan orang lain
    A: Hi, Nina. This is
    Rini.
    B: “How do you do”-
    C: “How do you do”




    Prohibition/ Melarang
    A: Don’t do that,
    Ok.
    B: No, I won’t.

    Imperative/Memerintah
    A: Stop it, please.
    B: OK





    Siswa dapat merespon ungkapan:

    ● Sapaan kepada orang yang sudah/ belum dikenal


    ● Perkenalan diri i



    ● Perkenalan orang lain









    ● Larangan




    ● Perintah





    ● Test Lisan (Merespon ungkapan lisan)

    Listen to the expressions and give your response!
    A: Good morning.
    B: ………………

    ● Test Tertulis (Pilihan Ganda)
    Listen to the expressions and choose the best answer!
    A: Hi, I’m Yenny, … to meet you.
    B: Nice to meet you, too.
    a. nice
    b. meet
    c. fine
    d. thanks

    ● Unjuk Kerja Write a dialogue on how to greet, introduce himself/others, or how to command/prohibit










    ● Script
    ● Buku teks
    ●Media belajar audio visual (kaset, CD, VCD)

























    6X40 menit





































    Mengetahui: Jakarta, ...................… Juli 2008
    Kepala MTs … Guru Mata Pelajaran,





    _______________________________ ________________________________
    NIP. NI.P.



    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    SMP/ MTs :
    Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
    Kelas/Semester : VII/1
    Pertemuan ke : 1, 2 & 3
    Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
    Jenis Teks : Transactional/ Interpersonal
    Aspek/ Skill : Mendengarkan

    A. STANDAR KOMPETENSI:
    1. Memahami makna dadalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

    B. KOMPETENSI DASAR:
    1.1. Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/ orang lain, memerintah atau melarang

    C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI:

    Siswa dapat merespon ungkapan-ungkapan:
    ● Sapaan kepada orang yang sudah/ belum dikenal
    ● Perkenalan diri sendiri/ orang lain
    ● Memerintah/ melarang

    D. TUJUAN PEMBELAJARAN:
    Pertemuan 1:
    ● Siswa dapat mengenali ungkapan sapaan kepada orang yang sudah dikenal.
    ● Siswa dapat merespon secara tertulis sapaan orang lain yang sudah dikenal
    ● Siswa dapat mengenali ungkapan sapaan kepada orang yang belum dikenal.
    ● Siswa dapat merespon secara tertulis sapaan orang lain yang belum dikenal
    ● Siswa dapat mengenali ungkapan yang digunakan unuk memperkenalkan diri.

    Pertemuan 2:
    ● Siswa dapat mengenali ungkapan yang digunakan unuk memperkenalkan orang lain.

    Pertemuan 3:
    ● Siswa dapat mengenali ungkapan memerintah/ melarang
    ● Siswa dapat merespon secara fisik ungkapan perintah/ larangan

    E. MATERI AJAR:

    Greeting/Menyapa terhadap orang yang belum dikenal
    A : Good morning. How are you?
    B : Good morning. I’m fine and you?
    A : I‘m fine, too.

    Greeting/Menyapa terhadap orang yang sudah dikenal
    Rinto : Helo, Fadil. How are you?
    Fadil : Hi, Rinto. I’m fine and you?
    Rinto : I‘m fine, too.

    Introducing oneself/ Memperkenalkan diri
    A: Hello, I’m Nina.
    B: Hi, I’m Reni. Nice to meet you.

    Introducting others/ Memperkenalkan orang lain
    Ahmad : Hi, Nina. This is Rini.
    Nina : Hi, Rini. “How do you do”-
    Rini : Hi, Nina. “How do you do”


    Prohibition/ Melarang
    A: Don’t do that, OK?.
    B: No, I won’t.

    Imperative/Memerintah
    A: Stop it, please.
    B: OK
    F. METODE PEMBELAJARAN
    Metode: Pre Listening, Whilst Listening, Post Listening

    G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
    Pertemuan 1: (Greeting/Menyapa orang yang sudah/ belum dikenal dan Memperkenalkan diri & Memperkenalkan diri)

    No. Kegiatan Waktu Strategi Belajar
    1.






    2.








    3. Kegiatan Awal/ Pre Listening
    • Guru menyapa dan memperkenalkan diri pada siswa.
    • Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang informasi pribadi (nama,alamat, asal sekolah dll.)
    • Guru menjelaskan kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan

    Kegiatan Inti/ Whilst Listening
    • Siswa memperhatikan sebuah tayangan VCD tentang greeting dan introduction.
    • Siswa menuliskan ungkapan-ungkapan greeting dan introduction serta masing-masing responnya di papan tulis
    • Siswa mendiskusikan kosa kata baru.
    • Siswa menyimpulkan tentang tindak tutur yang dipakai dalam sapaan dan perkenalan diri
    • Siswa menirukan ucapan guru tentang ungkapan-ungkapan tesebut.

    Kegiatan Akhir/ Post Listening
    • Sambil mendengarkan dialog , siswa melengkapi the missing word/phrasess pada lembar kerja yang telah disediakan guru
    • Bersama guru siswa mendiskusikan jawaban tugas tadi.
    3’

    5’

    2’


    10’

    10’
    5”

    15’

    15’


    10’

    5”
    Ice Breaker

    Ice Beaker

    Ice Beaker


    Modeling

    Brainstorming
    Discussion

    Discussion

    Imitation


    Assignment

    Discussion

    Jumlah 80”


    Pertemuan 2: (Memperkenalkan Orang lain)

    No. Kegiatan Waktu Strategi Belajar
    1.




    2.










    3.


    Kegiatan Awal/ Pre Listening
    • Menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan materi.
    • Mendengarkan pennjelasan guru tentang kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan

    Kegiatan Inti/ Whilst Listening
    • Siswa memperhatikan sebuah tayangan VCD tentang memperkenalkan orang;lain,
    • Siswa menuliskan ungkapan-ungkapan beserta responnya di papan tulis
    • Siswa mendiskusikan kosa kata baru.
    • Siswa menyimpulkan tentang ungkapan serta responsenya yang dipakai dalam memperkenalkan orang lain
    • Siswa menirukan ucapan guru tentang ungkapan-ungkapan tesebut.
    • Setelah ditunjuk guru, siswa secara individual merespon guru yang memperkenalkan seorang siswa lainnya

    Kegiatan Akhir/ Post Listening
    • Siswa bersama guru mereview ungkapan dan respon yang digunakan untuk memperkenalkan orang lain
    3’

    2’


    15’
    10’
    5”
    10’

    10’
    20”



    5’
    Ice Breaker

    Ice Beaker


    Modeling
    Brainstorming
    Discussion
    Discussion

    Imitation
    Performance



    Discussion
    Jumlah 80”
    Pertemuan 3: (Menyuruh/ melarang orang lain melakukan sesuatu)

    No. Kegiatan Waktu Strategi Belajar
    1.




    2.













    3.



    4

    Kegiatan Awal/ Pre Listening
    • Menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan materi.
    • Mendengarkan pennjelasan guru tentang kompetensi yang diharapkan akan dicapai dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan

    Kegiatan Inti/ Whilst Listening
    • Siswa memperhatikan sebuah tayangan VCD tentang menyuruh/ melarang orang lain melakukan sesuatu.
    • Siswa menuliskan ungkapan-ungkapan beserta responsenya di papan tulis
    • Siswa mendiskusikan kosa kata baru.
    • Siswa menyimpulkan tentang ungkapan serta responsenya yang dipakai dalam menyuruh/ melarang orang lain melakukan sesuatu
    • Siswa menirukan ucapan guru tentang ungkapan-ungkapan tesebut.
    • Siswa secara klasikal/ bersama sama melakukan apa yang diperintahkan/ dilarang oleh guru
    • Siswa secara individual (disebutkan namanya) melakukan apa yang diperintahkan/ dilarang oleh guru/siswa lain


    Kegiatan Akhir/ Post Listening
    • Siswa bersama guru mereview ungkapan dan respon yang digunakan untuk memperkenalkan orang lain

    Post Test
    2’

    2’


    5’

    3’
    5”

    5’

    4’
    5’

    6”



    2”


    40”
    Ice Breaker

    Ice Beaker


    Modeling

    Brainstorming
    Discussion

    Discussion

    Imitation
    Total Physical Response
    (TPR)
    Idem (PPR)



    Discussion
    Jumlah 80”

    H. SUMBER BELAJAR
    • Alat : TV, tape dan kaset vcd
    • Bahan : Listening script/ text (Lihat Materi)
    • Sumber : Buku Paket “Let’s Talk” Grade I

    I. PENILAIAN

    A. JENIS TEST : TERTULIS & LISAN

    B. BENTUK SOAL : MELENGKAPI (ISIAN) & PERFORMANCE

    I. Study the incomplete dialogue below. Fill in the missing words while you are listening to the tape. You will listen to the tape three times.

    1. Susi : Good morning, Mr. Ahmad.
    Mr. Adi : _______________, Susi. How are you?
    Susi : I‘m fine. Thank you.

    2. Rinto : Hello, Fadil. How are you?
    Fadil : ______, Rinto. I’m fine and you?
    Rinto : I‘m fine, too.

    3. Nadia : Hi, I’m Nadia.
    Natan : Hello, _________ Natan.

    4. Nina : Hello, I’m Nina.
    Reni : Hi, I’m Reni. Nice to meet you.
    Nina : _______________, too.

    5. Susi : Hi, Rudi. This is Heru.
    Rudi : Hi, Heru. “How do you do”-
    Heru : Hi, Rudi. “_________________”

    II. Listen to the instruction and then do/perform what you hear.

    1. Everybody, stand up, please.
    2. Touch your nose!
    3. Sit down!
    4. Open your note book.
    5. Write down your name with a pen. Don’t use a pencil, please.

    C. KUNCI JAWABAN

    I. Listening Script.

    1. Susi : Good morning, Mr. Ahmad.
    Mr. Adi : Good morning, Susi. How are you?
    Susi : I‘m fine. Thank you.
    2. Rinto : Hello, Fadil. How are you?
    Fadil : Hi, Rinto. I’m fine and you?
    Rinto : I‘m fine, too.
    3. Nadia : Hi, I’m Nadia.
    Natan : Hello, I’m Natan.
    4. Nina : Hello, I’m Nina.
    Reni : Hi, I’m Reni. Nice to meet you.
    Nina : Nice to meet you, too.
    5. Susi : Hi, Rudi. This is Heru.
    Rudi : Hi, Heru. “How do you do”-
    Heru : Hi, Rudi. “How do you do”

    SKOR MAXIMAL : (5) X 5 SOAL X 2 = 50



    II. Lembar Pengamatan Performance Test.



    No.

    Nama Siswa
    Understanding
    Participation
    Total
    Score
    1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
    1. Adiba Aulia Putri
    2. Budi Santoso
    3. Heru Abdillah
    4. Maulidya


    SKOR MAXIMAL : (5+5) X 5 soal= 50

    D. SKORING

    SKOR ISIAN + SKOR PERFORMANCE = 50+50=100
    3. Ilmu Pengetahuan Sosial

    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
    Kelas VII, Semester 1

    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    1. Memahami lingkungan kehidupan manusia

    1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
    1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
    2. Memahami kehidupan sosial manusia
    2.1 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial
    2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian
    2.3 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial
    2.4 Menguraikan proses interaksi sosial
    3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan 3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
    3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

    Kelas VII, Semester 2

    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya



    4.1 Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
    4.2 Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
    4.3 Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
    4.4 Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan
    5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa Kolonial Eropa
    5.1 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya
    5.2 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya
    5.3 Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
    6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat 6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
    6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
    6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
    6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan

    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
    MAPEL IPS

    Kelas VII, Semester 1
    Pekan Efektif 1 semester: 17 pekan
    1 Pekan = 4 JP
    No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Pekan JP
    1 Memahami lingkungan kehidupan manusia
    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan 3 12
    Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia 3 12
    2 Memahami kehidupan sosial manusia Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial 2 8
    Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian 2 8
    Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial 1,5 6
    Menguraikan proses interaksi sosial 1 4
    3 Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan 2 8
    Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari 2,5 10
    JUMLAH 17 68



    CONTOH PROTA
    MAPEL IPS KELAS 1

    Kelas : VII
    Tahun : 2008/2009

    Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    1 (satu) 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.



    2. Memahami kehidupan sosial manusia.






    3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.

    1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya bagi kehidupan.
    1.2. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

    2.1. Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.
    2.2. Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
    2.3. Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.
    2.4. Menguraikan proses interaksi sosial.

    3.1. Mendeskripsikan manusia sebagai mahluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
    3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.









    Semester
    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    2 (dua) 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkem-bangan lingkungannya.



    5. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Buddha sampai masa Kolonial Eropa.




    6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat.
    4.1. Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan.
    4.2. Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi.
    4.3. Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk.
    4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya bagi kehidupan.

    5.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha, serta peninggalan-peninggalannya.
    5.2. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia serta peninggalan-peninggalannya.
    5.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa.


    6.1. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi.
    6.2. Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
    6.3. Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi.
    6.4. Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.



    CONTOH PROGRAM SEMESTER

    Sekolah : SMP/MTs .....
    Kelas/Jilid : VII
    Mata Pelajaran : IPS
    Semester : I (satu)


    No.
    Kompetensi
    Dasar Materi
    Pokok/
    Pembelajaran Alokasi
    Waktu B U L A N
    Juli Agustus September Oktober November Desember
    1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
    1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya
    terhadap kehidupan.
    Tenaga endogen dan eksogen.





    Ulangan Harian 10 Jam






    2 Jam 4 4 2






    2
    2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
    Jenis-jenis manusia purba di Indonesia, kehidupan, peralatan dan kedatangan nenek moyang bangsa Indonesia.

    Ulangan Harian
    10 Jam





    2 Jam 4 4 2





    2
    3 Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial.
    Kaitan interaksi dengan proses sosial.
    8 Jam 4 4
    4 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses pembentukan kepribadian.
    Sosialisasi 8 Jam 4 4
    5 Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.
    Bentuk-bentuk interaksi sosial. 6 Jam 4 2
    6

    Menguraikan proses interaksi sosial.
    Proses sosial asosiatif dan disosiatif.

    4 Jam





    2




    No.
    Kompetensi
    Dasar Materi
    Pokok/
    Pembelajaran Alokasi
    Waktu B U L A N
    Juli Agustus September Oktober November Desember
    1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
    7 Mendeskripsikan manusia
    sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam
    memenuhi kebutuhan.
    Hakekat manusia sebagai mahkluk sosial dan ekonomi. 8 Jam 4 4
    8 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
    Tindakan, motif, dan prinsip ekonomi.

    Ulangan Harian 8 Jam


    2 Jam 4 4 2


    Remedial 2

    Cadangan 2



    CONTOH SILABUS
    Nama Sekolah : SMP/MTs ......................
    Mata Pelajaran : Sejarah
    Kelas Semester : VII/ 1
    Standar Kompetensi : 1.2 Memahami lingkungan kehidupan manusia.
    Kompetensi Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Penilaian Alokasi waktu Sumber Belajar/Bahan/ Alat

    Mendekripsikan kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia.

    Pengertian dan kurun waktu pra aksara


    Jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra-aksara








    Perkembangan kehidupan pada masa pra-aksara dan peninggalan –peninggalan kebudayaan.










    Kedatangan nenek moyang dari Yunani tersebar di Nusantara.
    Membaca referensi untuk merumuskan pengertian dan kurun waktu masa pra aksara

    Mengamati Atlas Sejarah dan foto -foto/ gambar jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra-aksara

    Membuat kliping tentang jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup di masa pra aksara


    Membaca buku referensi, mengamati gambar dan diskusi untuk menelaah kehidupan pada masa pra-aksara dan peralatan yang digunakan.

    Membaca buku referensi dan mengamati gambar untuk mengidentifikasi peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa pra aksara.



    Menelaah buku sumber tentang keberadaan nenek moyang Indonesia dari bukti-bukti yang ditinggalkannya
    Menjelaskan pengertian dan kurun waktu masa pra aksara


    Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara








    Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan peralatan kehidupan yang digunakan.

    Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.




    Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dari peninggalan yang ditinggalkannya.

    UH di akhir KD




    Tugas Kliping (kelompok) + UH di akhir KD








    Tugas Resume hasil diskusi kelompok + UH di akhir KD



    Tugas Resume hasil diskusi kelompok + UH di akhir KD




    Tugas resume dan membuat peta persebaran nenek moyang bangsa Indonesia (kelompok) + UH di akhir KD





    ULANGAN HARIAN
    2 JP




    2 JP











    2 JP






    2 JP








    2 JP











    2 JP
    Buku sumber yang relevan

    Atlas Sejarah
    Resume dari Museum Purbakala

    Gambar/Fo-to Situs sejarah

    Gambar/foto peralatan peninggalan manusia Indonesia masa pra aksara







    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    ( RPP )

    SMP/MTs : .........................................
    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
    Kelas/Semester : VII / 1
    Standar Kompetensi : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
    Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
    Alokasi Waktu : 8 Jam pelajaran (6 x pertemuan)





    A. Tujuan Pembelajaran :
    Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
    1. Mendeskripsikan pengertian dan masa pra-aksara di Indonesia.
    2. Mengidentifikasi jenis-jenis manusia purba di Indonesia.
    3. Mendeskripsikan perkembangan kehidupan masa para aksara di Indonesia
    4. Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

    B. Materi Pembelajaran
    1. Pengertian dan masa pra-aksara di Indonesia.
    2. Jenis-jenis manusia purba di Indonesia.
    3. Perkembangan kehidupan masa para-aksara di Indonesia
    4. Persebaran nenek moyang bangsa Indonesia

    C. Metode Pembelajaran
    1. Diskusi.
    2. Inquiri.
    3. Tanya jawab.
    4. Observasi / Pengamatan.
    5. Bermain


    D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan 1
    a. Pendahuluan
    • Guru menunjukkan gambar/foto tentang kehidupan manusia modern, baik orang, pakaian, pekerjaan, tempat tinggal, peralatan yang digunakan. Guru juga menunjukkan gambar/foto tentang manusia pada zaman kerajaan Majapahit. Guru bertanya jawab dengan siswa apa perbedaan dari gambar tentang manusia modern dengan manusia zaman Majapahit? Apapula perbedaannya dengan manusia zaman pra aksara?
    • Menjelaskan tujuan pembelajaran.
    b. Kegiatan inti
    - Siswa secara individu membaca buku sumber tentang pengertian dan kurun waktu masa pra aksara (Eksplorasi)
    - Bertanya jawab secara klasikal tentang pengertian dan kurun waktu masa pra aksara (Elaborasi)
    - Menyimpulkan hasil belajar tentang pengertian dan kurun waktu masa pra aksara (Konfirmasi)
    c. Penutup
    - Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari masa pra-aksara di Indonesia.

    2. Pertemuan 2
    a. Pendahuluan
    • Mengingatkan siswa pada pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
    • Bertanya jawab tentang penemuan-penemuan fosil manusia masa pra aksara di Indonesia.
    • Menjelaskan tujuan pembelajaran
    b. Kegiatan Inti
    - Siswa secara berkelompok mengamati dan menelaah Atlas Sejarah serta gambar jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara (Eksplorasi)
    - Siswa membuat rangkuman tentang manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. (Elaborasi)
    - Siswa saling melengkapi hasil rangkumannya dari kelompok lain, dan diberi penguatan oleh guru. (Konfirmasi)

    c. Kegiatan Penutup
    - Refleksi: siswa mengungkapkan pentingnya mempelajari jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara.
    - Tugas: (Kelompok) Membuat kliping tentang jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara


    3. Pertemuan 3
    b. Pendahuluan
    • Mengingatkan siswa pada pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
    • Guru bertanya kepada siswa “Jika kalian menulis menggunakan apa? Pada saat ini orang berburu menggunakan alat apa? Pada saat ini jika orang membajak sawah menggunakan apa? Dst.
    • Menjelaskan tujuan pembelajaran
    c. Kegiatan inti
    - Siswa mengamati gambar peralatan-peralatan manusia Indonesia pada masa pra aksara yang dibawa guru. Dari gambar tersebut, siswa menelaah buku referensi dan mendiskusikannya di dalam kelompok. (kelompok peralatan pertanian, kelompok peralatan dapur/rumah tangga, kelompok peralatan berburu) (Eksplorasi dan Elaborasi)
    - Siswa mempresentasikan hasil diskusi (Konfirmasi)
    - Siswa menarik kesimpulan tentang perkembangan kehidupan pada masa pra aksara dan peralatan yang digunakannya. (Konfirmasi)
    - Guru memberi penguatan
    d. Penutup
    - Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari perkembangan kehidupan masa pra aksara beserta peralatan yang digunakan.

    3. Pertemuan 4
    a. Pendahuluan
    • Mengingatkan siswa pada pembelajaran pada pertemuan sebelumnya.
    • Bertanya jawab tentang penemuan benda-benda yang merupakan peralatan manusia masa pra aksara di Indonesia.
    • Menjelaskan tujuan pembelajaran
    b. Kegiatan Inti
    - Siswa secara berkelompok mengamati dan menelaah buku referensi, Atlas Sejarah serta gambar kehidupan manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara (Eksplorasi dan Elaborasi))
    - Siswa membuat rangkuman tentang peralatan yang digunakan manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara. (Elaborasi)
    - Siswa saling melengkapi hasil rangkumannya dari kelompok lain, dan diberi penguatan oleh guru. (Konfirmasi)

    c. Kegiatan Penutup
    - Refleksi: siswa mengungkapkan pentingnya mempelajari jenis-jenis peralatan yang digunakan manusia Indonesia masa pra aksara.



    4. Pertemuan 5
    a. Pendahuluan
    (1) Mengingatkan kembali pada pembelajaran pada pertemuan yang lalu
    (2) Bermain polisi dan pencuri (polisi menangkap pencuri dari bukti jejak yang ditinggalkannya)
    (3) Menjelaskan tujuan pembelajaran
    b. Kegiatan inti
    - Siswa secara berkelompok menelaah berbagai buku sumber tentang keberadaan nenek moyang bangsa Indonesia mulai dari Yunani sampai ke Nusantara. (Eksplorasi dan Elaborasi)
    - Siswa mempresentasikan hasil diskusi. Dari hasil presentasi siswa saling melengkapi resume dan peta persebaran nenek moyang bangsa Indonesia (Elaborasi dan Konfirmasi)
    - Guru memberi penguatan
    c. Penutup
    - Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia.

    4. Pertemuan 6 : ULANGAN HARIAN

    E. Sumber dan Media Pembelajaran
    1. Buku sumber yang relevan
    2. Atlas Sejarah
    3. Resume dari Museum Purbakala
    4. Gambar/Foto Situs sejarahGambar/foto peralatan peninggalan manusia Indonesia masa pra aksara

    F. Penilaian
    1. Teknik Penilaian:
    a. Tes Tulis.
    b. Tugas kliping, resume dan peta
    2. Soal/instrumen:
    Tes uraian :
    (i) Apa yang dimaksud masa pasa pra aksara?
    (ii) Sebutkan kurun waktu masa pra aksara!
    (iii) Sebutkan jenis-jenis manusia Indonesia masa pra aksara!
    (iv) Apa ciri-ciri jenis manusia megantropus?
    (v) Ceritakan perkembangan kehidupan masa pra aksara beserta peralatan yang digunakannya!
    (vi) Jelaskan perbedaan masa berburu dan ladang berpindah?
    (vii) Tunjukkan mana yang disebut dengan kapak batu!
    (viii) Ceritakan kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia dari bukti-bukti yang ditinggalkannya!

    Tugas kliping :
    Buatlah kliping tentang jenis-jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra aksara.
    Tugas Diskusi dan Resume 1:
    (Kelompok I) mendiskusikan dan membuat resume tentang perkembangan kehidupan pertanian pada masa pra aksara beserta peralatan yang digunakannya, (Kelompok II) mendiskusikan dan membuat resume tentang perkembangan kehidupan berburu pada masa pra aksara, (Kelompok III) mendiskusikan dan membuat resume tentang perkembangan kehidupan rumah tangga dan sosial budaya serta peralatan yang digunakannya.
    Tugas Diskusi dan Resume 2:
    Dari bukti yang ada, lacaklah keberadaan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia dari Yunani sampai ke Nusantara

    Rubrik penilaian:
    1. Rubrik Kliping
    No Nama Kesesuaian Topik Kerapian Ketepatan Waktu Mengumpulkan Tugas Rata-Rata


















    2. Rubrik Diskusi

    Rubrik Diskusi
    No Nama Keberanian mengemu-kakan pendapat Kerjasama dalam kelom-pok Keseriusan dalam berdiskusi Rata-Rata




















    3. Rubrik hasil Resume
    No Nama Kelengkapan Resume Kesesuaian Topik Resume Ketepatan Waktu Mengumpulkan Tugas Rata-Rata





















    4. BAHASA INDONESIA

    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mapel Bahasa Indonesia

    Kelas VII, Semester 1

    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    Mendengarkan
    1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
    1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
    1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
    Berbicara
    2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
    2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
    2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
    Membaca
    3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
    3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
    3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
    3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
    Menulis
    4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi


    4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
    4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
    4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
    Mendengarkan
    5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
    5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
    5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
    Berbicara
    6. Mengeskpresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
    6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
    6.2 Bercerita dengan alat peraga
    Membaca
    7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
    7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
    7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
    Menulis
    8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
    8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
    8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar





    Kelas VII, Semester 2
    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    Mendengarkan
    9. Memahami wacana lisan melalui kegiatan wawancara

    9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasumber yang disampaikan dalam wawancara
    9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
    Berbicara
    10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan bertelepon
    10.1 Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
    10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
    Membaca
    11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
    11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
    11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
    11.3 Menemukan informasi secara cepat dari tabel/diagram yang dibaca
    Menulis
    12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
    12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
    12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
    Mendengarkan
    13. Memahami pembacaan puisi
    13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
    13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan
    Berbicara
    14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
    14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
    14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen (cerita pendek) dengan realitas sosial
    Membaca
    15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
    15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai dengan isi puisi
    15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan
    Menulis
    16. Mengungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
    16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
    16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami


    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
    MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
    KELAS/ SEMESTER : VII / 1


    Unit Keterampilan Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Kebahasaan Waktu (Menit)
    I Membaca Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara nmembaca 3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat Kalimat Tanya (apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana, mengapa) 14 x 40
    Menulis Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng 8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
    Mendengarkan Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
    Berbicara Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman 2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
    II Membaca Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara nmembaca 3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit Kalimat simpulan 14 x 40
    Menulis Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
    Berbicara Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita 6.2 Bercerita dengan alat peraga
    Mendengarkan Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
    III Membaca Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara nmembaca 3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai Kata dasar dan kata berimbuhan 12 x 40
    Menulis Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
    Berbicara Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman 2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
    Membaca Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca 7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
    IV Membaca Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca 7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca Kata baku dan tidak baku 10 x 40
    Berbicara Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita 6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
    Menulis Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
    V Mendengarkan Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan 5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan Kalimat kesimpulan, kalimat berita 10 x 40




    Mendengarkan Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan 5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
    Menulis Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng 8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
    Jumlah 60JP x 40
    Catatan
    Pemetaan dalam pembelajaran bahasa berarti mengatur urutan sajian dari berbagai ketrampilan berbahasa (membaca, menyimak, menulis, dan berbicara) tidak sama persis dengan urutan dalam standar isi. Pengaturan KD yang relevan diperhitungkan pada pemetaan sehingga urutan pembelajaran menjadi lebih bermakna dan variatif. Urutan penyajian dalam bentuk unit-unit yang merupakan pemaduan berbagai keterampilan berbahasa.

    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
    MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
    KELAS/ SEMESTER : VII / 2




    Unit Keterampilan Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Kebahasaan Waktu (Menit)
    I Membaca Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara nmembaca 3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat Kalimat Tanya (apa, siapa, kapan, dimana, bagaimana, mengapa) 14 x 40
    Menulis Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng 8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
    Mendengarkan Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
    Berbicara Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman 2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
    II Membaca Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara nmembaca 3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit Kalimat simpulan 14 x 40
    Menulis Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
    Berbicara Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita 6.2 Bercerita dengan alat peraga
    Mendengarkan Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita 1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
    III Membaca Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara nmembaca 3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai Kata dasar dan kata berimbuhan 12 x 40
    Menulis Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
    Berbicara Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman 2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
    Membaca Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca 7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
    IV Membaca Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca 7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca Kata baku dan tidak baku 10 x 40
    Berbicara Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita 6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
    Menulis Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi 4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
    V Mendengarkan Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan 5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan Kalimat berita, tanya; ejaan dan tanda baca 10 x 40




    Mendengarkan Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan 5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
    Menulis Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng 8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
    Jumlah 60JP x 40




    CONTOH PROGRAM TAHUNAN
    Madrasah : Mts ......................
    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
    Tahun Pelajaran : 2008/2009

    Semester No. Unit dan Kompetensi Dasar Alokasi Waktu
    1 1 Unit 1 14
    3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
    8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
    1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
    2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
    2 Unit 2 14
    3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
    4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
    6.2 Bercerita dengan alat peraga
    1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
    3 Unit 3 12
    3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
    4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
    2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana
    7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
    4 Unit 4 10
    7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
    6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
    4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
    5 Unit 5 10
    5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
    5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
    8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
    Jumlah jam 60
    2 1 Unit 1 14
    3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat
    8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
    1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
    2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
    2 Unit 2 14
    3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata per menit
    4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
    6.2 Bercerita dengan alat peraga
    1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
    3 3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai 12
    4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif, baik dan benar
    2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan sederhana (
    7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
    4 Unit 4 10
    7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
    6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
    4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
    5 Unit 5 10
    5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
    5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
    8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
    Jumlah Jam 60























    CONTOH PROGRAM SEMESTER
    MADRASAH TSANAWIYAH
    MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
    KELAS VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 (SATU)
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    NO. UNIT DAN KOMPETENSI DASAR ALOKASI WAKTU KET
    Juli Agustus September Oktober November Desember
    3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5
    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25
    1 Unit 1 14
    3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara 4
    dengan intonasi yang tepat
    8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat 4 LIBUR AWAL RAMADAN LIBUR AKHIR RAMADAN LIBUR IDUL FITRI LIBUR IDUL FITRI ULANGAN AKHIR SEMESTER PERSIAPAN PEMBAGIAN RAPOR LIBUR SEMESTER GANJIL LIBUR SEMESTER GANJIL
    pantun
    1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam 2
    beberapa kalimat MOM
    2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan 2 2
    dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
    2 Unit 2 14
    3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 2 2
    200 kata per menit (2)
    4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi 2 2
    dengan memperhatikan cara pengungkapan dan
    dan bahasa yang baik dan benar
    6.2 Bercerita dengan alat peraga (6) 2
    1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke 4
    dalam beberapa kalimat
    Jumlah 28 4 4 4 4 4 4 0 4 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0 0

    Mengetahui …………….., ……………………
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,


    ……………………………………………….. …………………………………..
    NIP …………………………………………… NIP ………………………….



    CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN

    Madrasah : MTs …………...
    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
    Kelas/Semester : VII/1
    Unit : 1
    Standar Kompetensi : 3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca (Membaca)
    8. Mengekpresikan pikiran , perasaan dan pengalmanan melalui pantun dan dogeng (Menulis/Sastra)
    1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita (Mendengarkan)
    2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman (Berbicara)


    Kompetensi
    Dasar Materi
    Pokok/
    Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
    Waktu Sumber
    Belajar
    Teknik Penialaian Bentuk
    Instrumen Contoh Instrumen
    3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat Pembacaan teks perangkat upacara o Mengidentifikasi berbagai teks perangkat upacara
    o Membaca dan mencermati teks perangkat upacara
    o Menandai teks dengan tanda-tanda intonasi
    o Berlatih membacakan teks perangkat upacara
    o Membacakan teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat • Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara



    • Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat Tes tulis







    Tes unjuk kerja

    Tes uraian







    Uji petik kerja produk • Berilah tanda jeda pada berbagai teks perangka upacara yang terdapat di sekolahmu!

    • Bacakanlah minimal dua teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat! 4 X 40’ Teks perangkat upacara

    Buku teks
    8.1 Menulis pan¬tun yang se¬suai dengan syarat-syarat pantun
    • Teks pantun
    • Syarat-syarat pantun o Membaca contoh-contoh pantun
    o Berdiskusi untuk menentukan syarat-syarat pantun
    o Melengkapi pantun yang rumpang
    o Menulis pantun yang memenuhi syarat-syarat pantun
    o Menyunting pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun






    • Mampu menulis pantun yang memenuhi syarat-syarat pantun
    • Mampu menyunting pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun
    Tes tertulis









    Tes praktik





    Penugasan kelompok Objektif pilih¬an ganda

    Uraian






    Tes tertulis keterampilan




    Pugasan/ Proyek



    Lihat RPP


    Lengkapilah isi pantun yang rumpang berikut ini!
    Jalan-jalan ke kota Batu
    Jangan lupa membeli apel
    ..................
    ..................

    • Buatlah 2 bait pantun yang memenuhi syarat-syarat pantun!
    • Suntinglah pantun yang sudah kamu buat!

    Revisilah pantun yang telah kamu sunting secara kelompok, buatlah buku kumpulan pantun!
    4 X 40” Buku teks.

    Perpustakaan

    Majalah/Buku yang memuat contoh-contoh pantun
    1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat Penyimpulan berita o Mendengarkan berita yang dibacakan
    o Menuliskan pokok-pokok berita
    o Mendiskusikan pokok-pokok berita yang ditulis
    o Memberikan tanggapan terhadap isi berita lewat diskusi
    o Menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
    o Menyimpulkan isi berita dalam satu alinea. • Mampu menulis pokok-pokok berita yang didengarkan
    • Mampu menyarikan pokok-pokok berita menjadi isi berita
    • Mampu menyimpulkan isi berita dalam satu alinea


    Tes tulis


    Tes uraian • Tulislah minimal lima pokok berita yang terdapat dalam berita yang dibacakan!
    • Tulislah intisari pokok-pokok beritanya!
    • Tulislah simpulan isi berita yang kamu dengarkan ke dalam satu alinea! 2 X 40’ Teks berita dari media massa maupun elektronik

    2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif Penulisan kembali berita (yang didengarkan) o Mendengarkan berita yang dibacakan
    o Mendiskusikan pokok-pokok berita
    o Mengembangkan pokok-pokok berita menjadi berita dengan susunan yang bervariasi • Mampu menemukan pokok-pokok berita yang didengarkan
    • Mampu menuliskan kembali berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi Tes tulis Tugas rumah • Tuliskan kembali berita yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi! 2 X 40’ Teks berita dari media massa maupun elektronik




    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
    SMP/MTs : MTs
    Kelas/Semester/Unit : VII/1/1
    Alokasi Waktu : 4 x 40 menit


    A. Standar Kompetensi
    8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng.

    B. Kompetensi Dasar
    8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun


    C. Tujuan Pembelajaran
    • Setelah mengamati lima contoh pantun, siswa dapat menjelaskan paling sedikit empat syarat/karakteristik pantun dengan benar.
    • Setelah mengamati lima contoh pantun, siswa dapat menjelaskan paling sedikit tiga jenis pantun (dari segi tema dan isi) dengan baik.
    • Setelah disajikan model menulis pantun, siswa dapat menulis dua bait pantun dengan memenuhi karakteristik pantun.
    • Setelah memperhatikan pantun yang telah disusun, siswa dapat menyuntingnya sesuai dengan karaktristik pantun yang baik.
    • Setelah terkumpul pantun yang baik, siswa dapat membukukan pantun yang telah ditulisnya menjadi buku kumpulan pantun dengan pembagian bab mengacu pada jenis pantun.



    D. Materi Pembelajaran
    Berikut ini disampaikan pokok-pokok materi menulis pantun. Secara rinci materi disampaiakan pada lampiran.
    • Contoh-contoh pantun
    • Syarat/karakteristik pantun
    • Jenis pantun
    • Langkah-langkah menulis pantun
    • Menyunting dan membukukan pantun

    E. Metode Pembelajaran
    • CLP (Curpat, Lomba, dan Pajang)

    F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

    Pertemuan Kegiatan Waktu
    Ke-1



















































    Ke-2



    PENDAHULUAN
    1) Menyanyikan lagu berbentuk pantun
    2) Menggali pengetahuan awal mengenai kegunaan pantun dan manfaat pemilikan kompetensi menulis pantun dalam kehidupan.
    3) Menggali pengetahuan awal siswa tentang syarat-syarat dan jenis pantun.
    4) Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai
    5) Siswa dikelompokkan dengan anggota empat orang. Kelompok dirancang sesuai jenis pantun yang meliputi beragam tema dan isi pantun.

    Kegiatan Inti
    Eksplorasi
    1) Siswa mengamati lima buah contoh pantun dengan tema yang bervariasi..
    Elaborasi
    2) Siswa berdiskusi menemukan karakteristik dan jenis berdasarkan contoh pantun yang disediakan guru.
    3) Antarkelompok saling mengoreksi hasil diskusi tentang karakteristik dan jenis pantun.

    4) Dengan adu cepat, tiap kelompok melakukan tugas berikut:

    a) menata guntingan-guntingan pantun dalam bentuk puzel sehingga menjadi pantun yang baik
    b) melengkapi pantun yang dirumpangkan pada bagian isi.
    c) Melengkapi pantun yang dirumpangkan pada bagian sampiran.
    d) menulis minimal tiga bait pantun dengan variasi jenis yang berbeda dan memenuhi karakteristik pantun yang baik.
    5) Tiap kelompok memajang hasil karyanya di papan yang telah disiapkan dan ditata secara rapi.
    6) Tiap kelompok menilai hasil karya kelompok lain dengan rubrik yang telah disediakan dan disepakati bersama.
    Konfirmasi
    7) Siswa dan guru membandingkan hasil penilaian kelompok siswa dan guru
    8) Guru memberi penegasan tentang hasil penilaian bersama

    Penutup
    • Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dipelajari dan kesulitan yang dihadapi siswa.
    • Guru menjelaskan tugas-tugas pada pertemuan berikutnya, yaitu secara individu kelompok mengkliping lima bait pantun dengan tema yang bervariasi dan memenuhi karakteristik pantun yang baik (TM TT 40’)*

    Pendahuluan
    1) Menyepakati tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilakukan
    2) Menyiapkan kliping yang dibawa siswa

    Kegiatan Inti
    Eksplorasi

    1) Bertanya jawab tentang tugas mengkliping pantun.
    2) Siswa memajang dua bait pantun yang dianggap terbaik.
    3) Beberapa siswa mengamati pantun yang dipajang

    Elaborasi
    1) Beberapa siswa mengomentari pantun yang dipajang tentang kesesuaiannya dengan syarat-syarat pantun
    2) Siswa dan guru menyimpulkan persyaratan pantun yang benar (konfirmasi)
    3) Siswa secara individual praktik menulis dua bait pantun (teknik produk untuk uji kompetensi).
    4) Secara berpasangan, siswa saling menilai pantun yang ditulisnya dengan menggunakan rubrik yang disediakan guru.
    Konfirmasi
    5) Guru memberikan penguatan berdasarkan hasil uji kompetensi siswa dalam menulis pantun.

    Penutup
    • Guru bersama siswa melakukan refleksi dengan menanyakan apa yang telah dan belum dikuasai terkait dengan kompetensi menulis pantun, serta kesan-kesan selama pembelajaran menulis pantun.
    Hasil uji kompetensi menulis pantun direvisi dan dijadikan buku kumpulan pantun (TM TT Proyek)* 10’











    65’





























    5’









    10’




    60’


    10’
    Keterangan:

    *TMTT: Tugas Mandiri Tidak Terstruktur, masing-masing dilakukan dalam waktu 40’

    G. ALAT/BAHAN/SUMBER
    • Syair lagu berbentuk pantun
    • Contoh pantun bervariasi sesuai dengan jenis tema dan isi.
    • Buku Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas VII oleh Suparno, dkk.
    • LKS


    H. Penilaian

    Indikator Teknik Bentuk Instrumen
    1. Menjelaskan
    syarat/karakteristik
    pantun
    Tes lisan





    Daftar pertanyaan/perinah Berdasarkan contoh-contoh pantun yang ada, jelaskan karakteristik pantun dari segi tema, isi, dan bentuk.
    2. Menjelaskan
    jenis pantun Daftar pertanyaan/perinah Berdasarkan contoh-contoh pantun yang ada, jelaskan jenis-jenis pantun berdasarkan tema dan isinya
    3. Mampu menulis pantun yang sesuai dengan syarat/karakteristik pantun Tes praktik Tes tulis keterampilan Tulislah dua bait pantun yang memenuhi karakteristik pantun yang baik
    4. Menyunting dan membukukan puisi menjadi buku kumpulan pantun. Penugasan kelompok Pekerjaan rumah Suntinglah pantun yang sudah kalian susun, kemudian bukukanlah pantun tersebut ke dalam satu buku kumpulan pantun.





    Lampiran 1: Alat/Bahan/Sumber

    A. SYAIR LAGU BERBENTUK PANTUN
    KALIAN PASTI SETUJU JIKA DIKATAKAN BAHWA SANGAT BANYAK LAGU YANG MEMANFAATKAN PERSAMAAN BUNYI, KONSISTENSI JUMLAH SUKU KATA TIAP BARIS, DAN UNSUR-UNSUR KEINDAHAN BAHASA YANG LAIN. SALAH SATU DARI CONTOH LAGU ITU ADALAH SYAIR LAGU BERIKUT. MARILAH KITA NYANYIKAN BERSAMA-SAMA.



    INJIT-INJIT SEMUT

    Reff:
    Injit-injit semut
    Siapa sakit naik di atas
    Injit-injit semut
    Walau sakit jangan dilepas

    Jalan-jalan ke tanah Deli
    Sungguh indah tempat tamasya
    Kawan jangan bersedih hati
    Mari bernyanyi bersama-sama

    Kalau pergi ke Surabaya
    Naik perahu dayung sendiri
    Kalau hatimu bermuram durja
    YANG PASTI RUGI DIRI DENDIRI

    Reff:

    Jalan-jalan ke Pulau Seribu
    Sungguh indah si Pulau Karang
    Sungguh malang amat nasibku
    Punya pacar diambil orang

    Ramai sungguh Bandar Jakarta
    Tempat orang mengikat janji
    Walau pacar aku tak punya
    Hati senang dapat bernyanyi



    Nah, indah bukan? Kalau kalian cermati, lagu tersebut terpotong-potong dalam bait-bait yang masing-masing terdiri atas empat baris. Keempat baris pembentuk bait tersebut, masing-masing diakhiri dengan vokal yang memiliki keteraturan. Perhatikan pula, dua baris pertama dan dua baris kedua pembentuk bait. Tampaknya, baris ketiga dan keempat merupakan isi dari bait tersebut, sedangkan baris kesatu dan kedua seolah hanya untuk pengantar dalam menyampaikan isi. Selain itu, juga merupakan keselarasan dalam persajakan atau persamaan bunyi. Nah, untuk memperkuat pemahamanmu, cermati kembali contoh pantun di atas.

    B. KARAKTERISTIK PANTUN
    Setelah kalian cermati kembali, sebagai salah satu bentuk puisi lama, pantun memiliki karakteristik yang berbeda dengan puisi lama yang lain. Tiap bait terdiri atas empat baris. Baris gasal memiliki persamaan bunyi. Demikian juga antarbaris genap. Dua baris pertama sering disebut sampiran dan dua baris terakhir, baris ketiga dan keempat merupakan isi. Hebatnya, jumlah suku kata tiap baris pun ada kecenderungan sama, yaitu antara 8 sampai dengan 12 suku kata.

    C. BERAGAM JENIS PANTUN
    Contoh pantun
    Jual pepaya dengan kandil
    Kandil buatan orang Inggris
    Melihat buaya menyandang bedil
    Sapi dan kerbau tegak berbaris
    Anak bakau di rumpun salak
    Patah taruknya ditimpa genta
    Riuh kerbau tergelak-gelak
    Melihat beruk berkaca-mata

    Pohon manggis pohon embacang
    Ketiga dengan pohon lulita
    Duduk menangis abang pincang
    Katanya jalan tidak rata
    Kalau ada sumur di ladang
    Bolehkah kita menumpang mandi
    Kalau ada umurku panjang
    Bolehlah kita bertemu lagi
    Pantun 1
    Pulau pandan jauh ke tengah
    Gunung Daik bercabang tiga
    Hancur badan dikandung tanah
    Budi yang baik dikenang juga
    Pantun 2
    Pohon manggis di tepi rawa
    Tempat kakek 1 tidur beradu
    Sedang menangis nenek tertawa
    Melihat kakek bermain gundu
    Pantun 3
    Dari mana datangnya lintah
    Dari sawah turun ke kali
    Dari mana datangnya cinta
    Dari mata turun ke kali
    Pantun 4
    Tanam jerangau di bukit tinggi
    Mati dipijak anak badak
    Melihat sang bangau sakit gigi
    Gelak terbahak penghulu katak
    Pantun 5
    Anak bakau di rumpun salak
    patah taruknya6 ditimpa genta
    Riuh kerbau tergelak-gelak
    melihat beruk berkaca mata

    Dari segi temanya, pantun dibedakan menjadi pantun anak-anak, remaja, dan dewasa. Di sisi lain, dari segi isi dibedakan pantun nasihat, jenaka, orang tua, dan agama.

    d. Cara menulis pantun
    Dalam menulis pantun, lakukan tips-tips berikut.
    1. Tentukan tema dan isi pantun yang akan kamu tulis.
    2. Pilih dan tuliskan baris kalimat yang akan kamu jadikan sampiran dalam pantun dengan mempertimbangkan jumlah suku kata tiap baris dan persajakannya. Jumlah suku kata dalam satu baris/kalimat terdiri atas 8—12 suku kata. Persajakan sampiran adalah A-B.
    3. Tuliskan baris kalimat yang mrupakan isi pantun dengan mempertimbangkan jumlah suku kata tiap baris dan persajakannya. Jumlah suku kata dalam satu baris/kalimat terdiri atas 8—12 suku kata. Persajakan sampiran adalah A-B. Pengungkapan isi harus memiliki keselarasan bunyi dengan sampiran.

    Lampiran 2: LKS
    Tatalah bagian-bagian pantun berikut sehingga membentuk pantun yang baik!
    1) Umat Islam menunggu-nunggu
    2) Mari kita belajar mengaji
    3) Bulan Ramadan bulan suci
    4) Mengaji Al-Quran setiap waktu

    Berdasarkan contoh-contoh pantun tersebut, rumuskan karakteristik pantun yang baik!


    1
    Karakteristik jumlah baris
    ................................................................
    ................................................................


    2
    Karakteristik persajakan
    ................................................................
    ................................................................


    3
    Karakteristik sampiran dan isi
    ................................................................
    .................................................................


    Berdasarkan contoh-contoh pantun tersebut juga contoh-contoh lain yang telah kalian ketahui, identifikasi jenis-jenis pantun menurut tema dan isinya!


    1
    Berdasarkan temanya
    ................................................................
    ................................................................
    ................................................................
    ................................................................
    ................................................................

    2
    Berdasarkan isinya
    .. ................................................................
    ................................................................
    ................................................................
    ................................................................
    ................................................................
    ................................................................



    D. LENGKAPILAH ISI PANTUN YANG RUMPANG BERIKUT DENGAN MEMPERHATIKAN KARAKTERISTIK PENULISAN PANTUN!
    1. Bom meledak di Hotel Mariot
    Banyak mata hanya terpana
    …………………………………………
    ………………………………………….

    2. Jika engkau pergi ke Padang
    Jangan lupa beli balado
    …………………………………………………
    …………………………………………………

    3. Bunga mawar bunga kamboja
    Indah ditanam di pinggir sungai
    …………………………………………………….
    …………………………………………………….

    4. Dari Barito sampai ke Malang
    Janganlah lupa membeli apel
    …………………………………………………
    …………………………………………………

    5. Ambil sabit lalu ke ladang
    Mencari rumput di pinggir kali
    ………………………………………………….
    ………………………………………………….
    Lengkapilah sampiran pantun yang rumpang berikut dengan memperhatikan karakteristik penulisan pantun!

    1. ……………………………………………………
    ……………………………………………………
    Jadi murid pantang menyerah
    Raih prestasi dan berbudi tinggi

    2. ………………………………………………………
    ………………………………………………………
    Jika engkau memang baik hati
    Maukah engkau bawakan bukuku

    3. ………………………………………………………….
    ………………………………………………………….
    Minal aidin wal faidzin
    Mohon maaf lahir dan batin

    4. ………………………………………………………….
    ………………………………………………………….
    Walau daku tak punya uang
    Hati senang bisa bernyanyi

    5. ………………………………………………………..
    ………………………………………………………..
    Hutang emas dapat dibayar
    Hutang budi dibawa mati




    F. Tuliskan tiga buah pantun yang memenuhi syarat/karakteristik pantun yang baik!

    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..

    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..

    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..
    ………………………………………………………………………..


    Lampiran 3: Alat dan Rubrik Penilaian
    1. TES LISAN
    a. Karakteristik pantun
    b. Jenis pantun


    2. Tes Tulis

    a. Alat Penilaian
    Tulislah dua bait pantun yang memenuhi syarat-syarat pantun!

    b. Rubrik Penilaian
    Rubrik Kemampuan Menulis Pantun
    NO. ASPEK YANG DIAMATI SKOR
    1. Kesesuaian dengan syarat pantun (Tiap bait terdiri atas 4 baris, persajakan abab, baris 1,2 berisi sampiran dan baris 3, 4 adalah isi)
    …4… sesuai dengan semua syarat pantun
    …3… sesuai dengan 3 syarat pantun
    ....2....sesuai dengan 1-2 syarat pantun
    …1… tidak sesuai dengan semua syarat pantun
    3. Kemenarikan isi pantun
    …3…isi bermakna dan bervariasi
    …2…isi bermakna namun kurang bervariasi
    …1…isi tidak bermakna dan tidak bervariasi
    4. Ketepatan penulisan ejaan
    …3…tidak ada kesalahan penulisan ejaan
    …2…ada beberapa keslahan penulisan ejaan (2-3
    kesalahan)
    …1… banyak kesalahan penulisan ejaan
    (lebih dari 3 kesalahan)
    Jumlah skor

    3. Penilaian Observasi
    Teknik peneilaian observasi dengan bentuk lembar observasi
    Amatilah proses perilaku temanmu selamaproses pembelajaran menulis pantun berlangsung dengan menggunakan format berikut!

    No. Nama Siswa Kesediaan Memgerjakan Tugas Kesedian Bekerja Sama Keaktifan
    1 Anita + + +
    2 Bramanta
    3 Cahyani
    4 Deswita
    5 Ernama
    6 Faiza


    Catatan:
    + : Bersedia mengerjakan tugas, bekerja sama, dan aktif mengikuti seluruh proses pembelajaran.
    - : Tidak bersedia mengerjakan tugas, tidak mau bekerja sama, dan tidak aktif mengikuti seluruh proses pembelajaran.

    4. Penilaian Penugasan
    Teknik penilaian penugasan dalam bentuk penilaian produk
    Perbaikilah pantun yang telah kalian susun, kemudian kelompokkan pantun yang telah kalian perbaiki menurut temanya. Dalam penyelesaian tugas ini, kelompok kalian dinilai dalam hal persiapan penyelesaian tugas dan relevansi hasil tugas yang kalian susun. Setelah itu, bukukanlah pantun yang telah Anda susun, sehingga menjadi buku kumpulan pantun yang baik.


    Rubrik penilaian
    Merevisi dan Membukukan Pantun

    No ASPEK YANG DINILAI Deskripsi Hasil
    1 C. 1. Pengelolaan
    a. Kemampuan Perencanaan/pembagian tugas merevisi
    b. Pemutusan/penetapan kerangka buku kumpulan pantun
    c. Cara penyelesaian (jadwal penyelesaian tugas merevisi dan membukukan pantun)
    2 2. Relevansi
    a. Ketepatan penafsiran tugas menjadi aktivitas yang bermakna
    b. Keindahan/kerapian pelaporan tugas
    3 a. 3. Keaslian
    a. Ketinggian partisipasi dan kreativitas anggota kelompok dalam penyelesaian tugas
    b. Keaslian gagasan yang dituangkan dalam pantun


    ..............................., ...............................
    Kepala Madrasah Guru Mapel,





    ................................... ..........................................






    A. Sumber Pembelajaran

    1. Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat kursi dan terjemahnya
    2. Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII, Penerbit Toha Putra, Semarang

    B. Assessment/ Penilaian

    Tes Tertulis:
    1. Apa yang dimaksud dengan akidah Islam ?
    2. Jelaskan dasar dan tujuan akidah Islam!

    Mengetahui :
    Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran






    ......................................... ...................................................




    5. AQIDAH AKHLAK
    RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF DALAM SEMESTER

    MATA PELAJARAN : Aqidah Akhlak
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 ( Satu )
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
    I Jumlah Pekan dan Satu Semester II. Jumlah Pekan Tidak Efektif

    No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN
    1 Juli 5 1 Juli 3
    2 Agustus 4 2 Agustus -
    3 September 4 3 September 1
    4 Oktober 5 4 Oktober 2
    5 November 4 5 November -
    6 Desember 5 6 Desember 4
    JUMLAH (a) 27 JUMLAH (b) 10

    III. Jumlah Pekan Efektif IV. Jumlah Jam Efektif
    (a) 27 - (b) 10 ) = ( c ) 17 Pekan ( c ) 17 X 2 = 34 Jam

    V. Kegiatan semester 1 yang bukan jam efektif
    No Nama bulan Pekan ke Uraian kegiatan
    1 Juli 1,2,3 Libur TP. 2007/2008 & Mos/LDKS Kls VII TP. 2008/2009
    2 Agustus -
    3 September 1 dan 4 Libur awal Ramadhan dan Idul Fitri
    4 Oktober 1,2 Libur Idul Fitri 1429 H
    5 November -
    6 Desember 2,3,4 & 5 UAS, Persiapan dan Pembagian Rapor dan Libur Smt




    B. DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU

    NO. KOMPETENSI DASAR/ ASPEK ALOKASI WAKTU (JAM PELAJARAN)
    RENCANA TERLAKSANA
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    7
    8
    9
    10
    11
    12
    JUMLAH 68

    Mengetahui Jakarta, …………… 200..
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,




    ………………………………………. ……………………………..
    NIP ……………………………… NIP ………………………





    . Kelas VII, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    Akidah
    1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
    1.1 Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
    1.2 Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam
    1.3 Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan
    1.4 Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan

    2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya 2.1 Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
    2.2 Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
    2.3 Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
    2.4 Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

    Akhlak
    1. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
    1.1
    Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat
    1.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
    1.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan
    1.4 Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari




    b. Kelas VII, Semester 2
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    Akidah
    1. Memahami al-asma' al-husna



    1.1
    Menguraikan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

    1.2 Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

    1.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum)

    1.4 Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma' al-husna (al-‘Aziiz, al-Ghaffaar, al-Baasith, an-Naafi’, ar-Ra’uuf, al-Barr, al-Ghaffaar, al-Fattaah, al-‘Adl, al-Qayyuum) dalam kehidupan sehari-hari

    2.2 Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat 2.1


    2.2


    2.3


    2.4 Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
    Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
    Menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan
    Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan dalam fenomena kehidupan


    Akhlak
    3.2 Menghindari akhlak tercela kepada Allah


    3.1

    Menjelaskan pengertian riya' dan nifaaq
    3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya' dan nifaaq
    3.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya' dan nifaaq dalam fenomena kehidupan
    3.4
    Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya' dan nifaaq dalam kehidupan sehari-hari





















    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR
    AQIDAH AKHLAK

    Dari kalender akademik dan struktur kurikulum pada
    Kelas VII
    Pekan Efektif 1 semester: 17 pekan
    1 Pekan = 2 JP
    No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Pekan JP
    1 Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
    Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam 2 jp
    Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam 2
    Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan 2 jp
    Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan
    2jp

    2 Meningkatkan keimanankepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
    4 jp
    Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
    4 jp
    Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
    2 jp
    Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.

    3 Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat

    6 jp
    Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
    Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan
    6 jp
    Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari

    4jp
    Jumlah 17 pekan 34 jp

    Mengetahui: Jakarta, September 2008
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,



    ............................ ............................................


    CONTOH PROGRAM TAHUNAN

    Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
    Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah PSA
    Tahun Pelajaran : 2008/2009
    Kelas : Tujuh(VII)

    smt No Standar Kompetensi Alokasi waktu Keterangan
    1 1 Akidah
    Memahami dasar dan tujuan akidah Islam 8 jp
    2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya 10 jp
    3 Akhlak
    Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah 16 jp
    J U M L A H 34 jp

    2 1 Akidah
    Memahami al-asma' al-husna 8
    2 Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat 10
    3 Akhlak
    Menghindari akhlak tercela kepada Allah 14
    J U M L A H Jp

    Mengetahui Jakarta, Juni 2008
    Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi


    ..................................... ......................................
    CONTOH PRORAM SEMESTER
    Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
    Kelas : VII (Tujuh)
    Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah PSA
    Semester : Ganjil
    Tahun Pelajaran : 2008 / 2009
    KOMPETENSI DASAR ALOKASI Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
    WAKTU 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
    Akidah MASA ORIENTASI SISWA LIBUR AWAL RAMADHAN LIBUR AKHIR RAMADHAN MENJELANG IDUL FITRI LIBUR 1 SYAWAL/IDUL FITRI
    1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam 6 x 40
    1.1 Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam menit
    1.2 Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam
    1.3 Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan
    1.4 Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan
    2. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya 6 x 40
    2.1 Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah menit
    salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
    2.2 Menunjukkan bukti/dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah
    yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani, dan ma’nawiyah.
    2.3 Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
    2.4 Menunjukkan ciri-ciri/tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat
    wajib, mustahil, dan Jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
    Akhlak
    3. Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah 5 x 40
    3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf dan taubat menit
    3.2 Mengidentifikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat
    3.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam fenomena kehidupan
    3.4 Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat dalam kehidupan sehari-hari

    Mengetahui: Jakarta,
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,


    ........................................













    CONTOH SILABUS
    Sekolah/Madrasah : Madrasah Tsanawiyah
    Kelas : VII
    Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
    Semester : I (Ganjil)
    Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.

    Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian (Teknik, Bentuk dan contoh instrumen) Alokasi
    Waktu Sumber Belajar
    1.1 Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam
    Dasar-Dasar Aqidah Islam dan Tujuan Akidah Islam • Meminta siswa menyebutkan tentang dasar dan tujuan akidah Islam
    • Meminta siswa menyimpulkan tentang dasar akidah Islam dan pengertian akidah Islam.
    • Memberikan penguatan temuan siswa tentang dasar dan akidah Islam. 1. Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
    2. Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
    3. Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam Tes Tertulis

    Contoh :

    Apa yang dimaksud dengan akidah Islam?

    Apa yang dasar dan tujuan akidah Islam 2 X 40 menit • Al-Qur’an dan terjemahnya
    • Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII, Penerbit Toha Putra, Semarang
    1.2 Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam Dalil tentang dasar dan akidah Islam • Siswa diminta menemukan dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam melalui indeks Al-Qur’an
    • Siswa diminta menemukan dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam melalui indeks Al-Qur’an
    • Meminta siswa mengkonfirmasikan hasil temuan dalam indeks dengan Al-Qur’an 1. Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
    2. Dapat menyebutkan dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam
    3. Hafal dalil-dalil tentang dasar-dasar akidah Islam
    4. Hafal dalil-dalil tentang tujuan akidah Islam Tes lisan

    Contoh :

    Sebutkan ayat al Qur’an yang menjelaskan tentang dasar dan tujuan akidah Islam!
    2 X 40 menit • Al Qur’an dan terjemahannya
    • Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII, Penerbit Toha Putra, Semarang.

    1.3 Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan • Hubungan Iman, Islam, dan Ihsan • Menanyakan siswa tentang iman, Islam, dan ihsan

    • Mengklasifikasikan hubungan antara iman, Islam, dan ihsan

    1. Dapat menjelaskan pengertian iman, Islam, dan Ihsan

    2. Dapat menjelaskan hubungan antara iman, Islam, dan ihsan
    Tes tertulis

    Contoh :

    Jelaskan pengertian iman, Islam, dan ihsan!

    Apa hubungan antara iman, Islam, dan ihsan! 2 X 40 menit • Buku paket aqidah akhlaq kls VII, Penerbit Toha Putra, Semarang.

    1.4 Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan Dalil tentang iman,Islam, dan ihsan
    • Menanyakan kepada siswa tentang iman, Islam, dan Ihsan
    • Diskusi kelompok tentang ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan Ihsan (siswa dibagi 3 kelompok)

    • Meminta kepada kelompok untuk membaca hasil diskusi tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan

    • Meminta siswa untuk menghafal ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan

    • Meminta siswa mengidentifikasi nama-nama surat dalam al-Qur’an yang menjelaskan tentang sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz bagi Allah SWT.

    • Memberikan penguatan tentang dalil iman, Islam, dan ihsan
    1. Dapat membaca ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan

    2. Dapat menguraikan ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.


    3. Hafal ayat-ayat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan.

    4. Dapat menyebutkan surat dalam Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan
    Tes tertulis

    Contoh :

    Sebutkan ayat Al-Qur’an yang menjelaskan tentang iman, Islam, dan ihsan

    2 X 40 menit • Al-Qur’an dan terjemahannya
    • Buku paket aqidah akhlaq kls VII Penerbit Toha Putra, Semarang





    Jakarta September 2008
    Mengetahui, Guru Bidang Studi;
    Kepala Madrasah;

















    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    MTs :
    Mata Pelajaran : AQIDAH AKHLAK
    Kelas/Semester : VII/1
    Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

    A.Standar Kompetensi : 1. Memahami dasar dan tujuan akidah Islam.


    B. Kompetensi Dasar :
    Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam.

    C. Tujuan Pembelajaran :
    1. Dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam
    2. Dapat menjelaskan pengertian akidah Islam
    3. Dapat menjelaskan tujuan akidah Islam
    D. Materi Pembelajaran :
    • dasar–dasar akidah Islam
    • pengertian akidah Islam
    • tujuan akidah Islam

    E. Metode Pembelajaran :

    1. Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
    2. Kerja kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagan najis
    3. Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
    4. Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan


    C. Langkah-langkah Pembelajaran

    Kegiatan Waktu Aspek life skill yang dikembangkan

    3. Pendahuluan :
    Apersepsi dan Motivasi :
    o Menanyakan kepada siswa tentang akidah Islam
    o Menjelaskan tujuan pembelajaran dan manfaatnya dalam kehidupan

    2. Kegiatan inti

    o Siswa membaca berbagai sumber tentang dasar dan tujuan aqidah akhlak (Eksplorasi)
    o Siswa melakukan diskusi kelompok tentang dasar dan tujuan akidah Islam (Elaborasi)
    o Siswa mempresentasikan hasil diskusi dan saling mengomentari (elaborasi)
    o Memberikan penguatan tentang dasar dan tujuan akidah Islam (Konfirmasi)


    3. Kegiatan penutup.

    o Siswa dan guru menyimpulkan hasil diskusi dan paparan kelompok
    o Guru melaksanakan penilaian tertulis
    o Merancang model pembelajaran selanjutnya
    10








    50







    5

    10

    5
    Pemahaman Konsep












    D. Sumber Pembelajaran

    3. Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat kursi dan terjemahnya
    4. Buku paket Aqidah Akhlaq kls VII, Penerbit Toha Putra, Semarang

    E. Assessment/ Penilaian


    Penilaian

    Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

    - Siswa dapat menyebutkan dasar–dasar akidah Islam

    - Siswa dapat menjelaskan pengertian akidah Islam

    - Siswa dapat menjelaskan tujuan akidah Islam


    Tes tulis




    Tes tulis


    Tes Tulis
    Uraian




    Pilihan ganda


    Uraian
    - Sebutkan dasar–dasar akidah Islam!

    - Jelaskan pengertian akidah Islam

    - Jelaskan tujuan akidah Islam




    Mengetahui :
    Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran






    ......................................... ...................................................

    6. FIQIH


    RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF DALAM SEMESTER

    MATA PELAJARAN : Fiqih
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 ( Satu )
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
    I Jumlah Pekan dan Satu Semester II. Jumlah Pekan Tidak Efektif

    No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN
    1 Juli 5 1 Juli 3
    2 Agustus 4 2 Agustus -
    3 September 4 3 September 1
    4 Oktober 5 4 Oktober 2
    5 November 4 5 November -
    6 Desember 5 6 Desember 4
    JUMLAH (a) 27 JUMLAH (b) 10

    III. Jumlah Pekan Efektif IV. Jumlah Jam Efektif
    (a) 27 - (b) 10 ) = ( c ) 17 Pekan ( c ) 17 X 2 = 34 Jam

    V. Kegiatan semester 1 yang bukan jam efektif
    No Nama bulan Pekan ke Uraian kegiatan
    1 Juli 1,2,3 Libur TP. 2007/2008 & Mos/LDKS Kls VII TP. 2008/2009
    2 Agustus -
    3 September 1 dan 4 Libur awal Ramadhan dan Idul Fitri
    4 Oktober 1,2 Libur Idul Fitri 1429 H
    5 November -
    6 Desember 2,3,4 & 5 UAS, Persiapan dan Pembagian Rapor dan Libur Smt







    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Fiqih SMP/MTs


    a. Kelas VII, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)
    1.1 Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )
    1.2 Menjelaskan hadas kecil dan tatacara taharahnya
    1.3 Menjelaskan hadas besar dan tatacara taharahnya
    1.4 Mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas

    2. Melaksanakan tatacara salat fardu dan sujud sahwi
    2.1 Menjelaskan tatacara salat lima waktu
    2.2 Menghafal bacaan-bacaan salat lima waktu
    2.3 Menjelaskan ketentuan waktu salat lima waktu
    2.4 Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
    2.5 Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi
    3. Melaksanakan tatacara azan, iqamah ,salat jamaah

    3.1 Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah
    3.2 Menjelaskan ketentuan salat berjamaah
    3.3 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
    3.4 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
    3.5 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal

    3.6 Mempraktikkan azan, iqamah, dan salat jamaah

    4. Melaksanakan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat 4.1 Menjelaskan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
    4.2 Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah salat
    4.3 Mempraktikkan zikir dan doa



    b. Kelas VII, Semester 2
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu 1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah Jumat
    1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat Jumat
    1.2 Menjelaskan ketentuan salat jenazah
    1.3 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah
    1.4 Mempraktikkan salat jenazah

    2. Melaksanakan tatacara salat jama’, qhasar, dan jama’ qasar serta salat dalam keadaan darurat 2.1 Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
    2.2 Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
    2.3 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
    2.4 Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan

    3. Melaksanakan tatacara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad 2.1 Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad
    2.2 Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad
    2.3 Mempraktikkan salat sunnah muakkad
    2.4 Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad
    2.5 Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad
    2.6 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad









    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR DAN ALOKASI WAKTU
    PELAJARAN FIQIH MTs
    KELAS VII SEMESTER 1

    a. Kelas VII, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR ALOKASI WAKTU
    1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)
    1.1 Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )
    1.2 Menjelaskan hadas kecil dan tatacara taharahnya
    1.3 Menjelaskan hadas besar dan tatacara taharahnya
    1.4 Mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas
    2



    2
    2. Melaksanakan tatacara salat fardu dan sujud sahwi
    2.1 Menjelaskan tatacara salat lima waktu
    2.2. Menghafal bacaan-bacaan salat lima waktu
    2.2 Menjelaskan ketentuan waktu salat lima waktu
    2.4 Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
    2.5 Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi 2



    2

    3. Melaksanakan tatacara azan, iqamah ,salat jamaah

    3.1 Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah
    3.2 Menjelaskan ketentuan salat berjamaah
    3.3 Menjelaskan ketentuan makmum masbuk
    3.4 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa
    3.5 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal

    3.6 Mempraktikkan azan, iqamah, dan salat jamaah
    2

    2

    4. Melaksanakan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat 4.1 Menjelaskan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat
    4.2 Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah salat
    4.3 Mempraktikkan zikir dan doa
    2

    3

    JUMLAH 17 JAM
    b. Kelas VII, Semester 2
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR ALOKASI WAKTU
    1. Melaksanakan tatacara salat wajib selain salat lima waktu 1.1 Menjelaskan ketentuan salat dan khutbah Jumat
    1.2 Mempraktikkan khutbah dan salat Jumat
    1.2 Menjelaskan ketentuan salat jenazah
    1.3 Menghafal bacaan-bacaan salat jenazah
    1.4 Mempraktikkan salat jenazah

    2. Melaksanakan tatacara salat jama’, qhasar, dan jama’ qasar serta salat dalam keadaan darurat 2.1 Menjelaskan ketentuan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
    2.2 Mempraktikkan salat jama’, qashar dan jama’ qashar
    2.3 Menjelaskan ketentuan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan
    2.4 Mempraktikkan salat dalam keadaan darurat ketika sedang sakit dan di kendaraan

    3. Melaksanakan tatacara salat sunnah muakkad dan ghairu muakkad 2.6 Menjelaskan ketentuan salat sunnah muakkad
    2.7 Menjelaskan macam-macam salat sunnah muakkad
    2.8 Mempraktikkan salat sunnah muakkad
    2.9 Menjelaskan ketentuan salat sunnah ghairu muakkad
    2.10 Menjelaskan macam-macam salat sunnah ghairu muakkad
    2.11 Mempraktikkan salat sunnah ghairu muakkad
    JUMLAH 34 JAM








    CONTOH PROGRAM SEMESTER
    Mata Pelajaran : Fiqih Unit Kerja : ....
    Kelas/Semester : VII / 1 Tahun Pelajaran : 2008 / 2009
    NO. KOMPETENSI DASAR
    WAKTU JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOPEMBER DESEMBER
    1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4
    M
    1 Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya ) 2 O 2
    S
    2 Menjelaskan hadas kecil dan tatacara taharahnya 2 2

    3 Menjelaskan hadas besar dan tatacara taharahnya 2 2

    4 Mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas 2 2

    2 2

    5 Menjelaskan tatacara salat lima waktu 2
    2 2
    6 Menghafal bacaan-bacaan salat lima waktu 2
    2 2
    7 Menjelaskan ketentuan waktu salat lima waktu 2

    8 Menjelaskan ketentuan sujud sahwi
    Mempraktikkan salat lima waktu dan sujud sahwi 2 2
    Ulangan Harian
    Menjelaskan ketentuan azan dan iqamah 2 2
    9 Menjelaskan ketentuan salat berjamaah
    Menjelaskan ketentuan makmum masbuk 2 2
    10 Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa Menjelaskan cara mengingatkan imam yang batal 2 2
    11 Mempraktikkan azan, iqamah, dan salat jamaah 2 2
    12 Ulangan Harian 2 2
    Menjelaskan tatacara berzikir dan berdoa setelah salat 2 2
    Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah salat 2 2
    Mempraktikkan zikir dan doa 2 2
    Ulangan Semester 2


    JUMLAH 32 JP 1 4 4 3 4 4

    Mengetahui Jakarta, Juli 2008
    Kepala MTs Guru




    CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN

    MTs : ...............
    Mata Pelajaran : Fiqih
    Kelas : VII
    Semester : 1
    Standar Kompetensi : 1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)


    Kompetensi
    Dasar Materi
    Pembelajaran
    Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi
    Waktu Sumber
    Belajar
    Teknik Bentuk
    Instrumen Contoh
    Instrumen

    1.1 Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )














    Macam-macam najis dan cara mensucikannya










    - Siswa membaca literatur tentang pengertian najis
    - Siswa membuat bagan najis berikut pengertiannya
    - Siswa diajak ke tempat bersuci (kamar mandi/tempat wudu ) untuk mempraktekkan tatacara membersihkannya
    - Siswa menuliskan hasil pengamatan tatacara membersihkan najis
    - Siswa dan guru merefleksikan hasil pengamatan
    - Siswa dapat menjelaskan pengertian najis


    - Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya




    - Siswa dapat mempraktekkan tatacara membersihkan najis

    Tes tulis




    Tes tulis








    Unjuk kerja
    Uraian




    Pilihan ganda








    Uji petik kerja produk
    Jelaskan apa yang dimaksud dengan najis....?

    Najis ringan adalah :
    a. MUgholladhoh
    b. Mukhoffafah
    c. Mutawashithoh
    Praktekkan cara membersihkan najis mutawasitthoh
    2 x 40’
    Buku yang relevan membahas tentang bersuci






    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    MTs :
    Mata Pelajaran : Fiqih
    Kelas/Semester : VII/1
    Alokasi Waktu : 2x40 menit (1 Kali pertemuan)

    A.Standar Kompetensi : 1. Melaksanakan ketentuan taharah (bersuci)

    B. Kompetensi Dasar :
    1.1 Menjelaskan macam-macam najis dan tatacara taharahnya ( bersucinya )

    C. Tujuan Pembelajaran :
    • Siswa dapat menyebutkan pengertian najis
    • Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis
    • Siswa dapat menjelaskan tatacara membersihkan najis
    D. Materi Pembelajaran :
    • Pengertian najis
    • Macam-macam najis
    • Ketentuan dan tatacara membersihkan najis



    E. Metode Pembelajaran :

    5. Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
    6. Kerjak kelompok: kegiatan ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengertian najis, macam-macam najis, membuat bagan najis
    7. Diskusi: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran
    8. Pameran dan Shopping : pajangan hasil diskusi/kerja kelompok dan saling mengomentari pajangan

    F. Langkah-langkah Pembelajaran :

    No Uraian Kegiatan Waktu










    1
    Kegiatan awal :

    Apersepsi :
    Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi najis

    Motivasi :
    memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari seputar najis, macam-macam najis dan tatacara membersihkannya yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari










    10 menit
    2 Kegiatan Inti :
    • Siswa membaca literatur/referensi tentang najis, dan macam-macam najis. (fase eksplorasi)
    • Siswa mengamati demonstrasi guru tentang cara membersihkan macam-macam najis (fase eksplorasi)
    • Membuat bagan najis dan tatacara mensucikannya (fase elaborasi)
    • Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
    • Salah seorang siswa mempraktekkan tatacara membersihkan najis sementara yang lain memperhatikan dan mencatat mencatat pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
    • Penguatan tentang pengertian najis, macam-macam najis dan cara membersihkanya (fase konfirmasi) 60 Menit
    3. Kegiatan akhir
    a. Tanya jawab tentang materi najis dan macam-macam najis serta tatacara membersihkannya.
    b. Guru memberikan tugas untuk mencari pengertian hadats dan macam-macamnya serta perbedaan cara membersihkannya. Untuk pertemuan selanjutnya.
    10 menit

    G. Sumber belajar dan media pembelajaran :

    1. Buku yang relevan dengan mata pelajaran fikih
    2. Kertas manila atau lainnya

    H. Penilaian

    Indikator Pencapaian Jenis Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen

    - Siswa dapat menjelaskan pengertian najis


    - Siswa dapat menyebutkan macam-macam najis berikut pengertiannya

    - Siswa dapat menjelaskan cara membersihkan najis mutawasitoh

    Tes tulis




    Tes tulis





    Tes Tulis
    Uraian




    Pilihan ganda





    Uraian
    Jelaskan apa yang dimaksud dengan najis....?



    Najis ringan adalah :
    d. MUgholladhoh
    e. Mukhoffafah
    f. Mutawashithoh


    Jelaskan cara membersihkan najis mutawasitthoh


    7. SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM


    RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF DALAM SEMESTER

    MATA PELAJARAN : Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 ( Satu )
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
    I Jumlah Pekan dan Satu Semester II. Jumlah Pekan Tidak Efektif

    No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN
    1 Juli 5 1 Juli 3
    2 Agustus 4 2 Agustus -
    3 September 4 3 September 1
    4 Oktober 5 4 Oktober 2
    5 November 4 5 November -
    6 Desember 5 6 Desember 4
    JUMLAH (a) 27 JUMLAH (b) 10

    III. Jumlah Pekan Efektif IV. Jumlah Jam Efektif
    (a) 27 - (b) 10 ) = ( c ) 17 Pekan ( c ) 17 X 4 = 68 Jam

    V. Kegiatan semester 1 yang bukan jam efektif
    No Nama bulan Pekan ke Uraian kegiatan
    1 Juli 1,2,3 Libur TP. 2007/2008 & Mos/LDKS Kls VII TP. 2008/2009
    2 Agustus -
    3 September 1 dan 4 Libur awal Ramadhan dan Idul Fitri
    4 Oktober 1,2 Libur Idul Fitri 1429 H
    5 November -
    6 Desember 2,3,4 & 5 UAS, Persiapan dan Pembagian Rapor dan Libur Smt







    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SKI SMP/MTs

    a. Kelas VII, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Memahami sejarah kebudayaan Islam


    1.1 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
    1.2 Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
    1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam

    2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
    2.1 Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
    2.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
    kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
    2.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
    3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
    3.1 Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
    3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
    3.3 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah



    b. Kelas VII, Semester 2
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin 1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
    1.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang

    1.3 Meneladani gaya kepemimpinan
    Khulafaurrasyidin

    2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
    2.1 Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
    2.2 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
    2.3 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

    2.4 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
    2.5 Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz




















    CONTOH PEMETAAN KOMPETENSI DASAR DAN ALOKASI WAKTU
    PELAJARAN SKI MTs
    KELAS VII SEMESTER 1

    (
    a. Kelas VII, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR JUMLAH JAM
    3. Memahami sejarah kebudayaan Islam


    1.3 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
    1.4 Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
    1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
    4
    4
    3
    4. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
    3.2 Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
    3.3 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian,
    kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini dan yang akan datang
    3.4 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
    4

    4



    4

    4. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
    4.1 Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan
    3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
    3.3 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah
    3

    4


    4
    JUMLAH 34 JAM PEL




    b. Kelas VII, Semester 2
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin 1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
    1.2 Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin untuk masa kini dan yang akan datang

    1.3 Meneladani gaya kepemimpinan
    Khulafaurrasyidin

    2. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
    2.5 Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
    2.6 Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
    2.7 Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan perannya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah

    2.8 Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang
    2.5 Meneladani kesederhanaan dan kesalihan Umar bin abdul Aziz











    CONTOH PROGRAM TAHUNAN

    Sekolah : MTs ..................................
    Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
    Tahun Pelajaran : 2008/ 2009
    Kelas : Tujuh(VII)


    smt No Standar Kopetensi/Materi pokok Alokasi waktu Keterangan
    1 1 Memahami sejarah kebudayaan Islam
    6 jp
    2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah
    14 jp
    3 Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah
    10
    J U M L A H 30 jp

    2 1 Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
    2 Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah

    J U M L A H jp

    Mengetahui Jakarta, Juni 2008
    Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi


    .................................. .....................
    CONTOH PROGRAM SEMESTER
    Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah PSA
    Kelas : VII
    Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah PSA
    Semester : Ganjil
    Tahun Pelajaran : 2008/2009

    No KOMPETENSI DASAR ALOKASI Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
    WAKTU 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
    1. Memahami sejarah kebudayaan Islam 4 x 40 MASA ORIENTASI SISWA 2 2 HUT RI KE 63 LIBUR AWAL RAMADHAN LIBUR AKHIR RAMADHAN MENJELANG IDUL FITRI LIBUR 1 SYAWAL/IDUL FITRI UJIAN SEMESTER GANJIL
    1.1 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam menit
    1.2 Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
    1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
    2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Makkah 7 x 40 2 2 2 1
    2.1 Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, menit
    pembawa kedamaian,kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
    2.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta,
    pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat untuk masa kini
    dan yang akan datang
    2.3 Meneladani perjuangan Nabi Muhammad dan para sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah
    3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah 4 x 40
    3.1 Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui menit
    kegiatan ekonomi dan perdagangan 2
    3.2 Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui
    kegiatan ekonomi dan perdagangan untuk masa kini dan yang akan datang
    3.3 Meneladani semangat perjuangan Nabi dan para sahabat di Madinah


    Mengetahui Jakarta, Juli 2008
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,


    ……………………………………………….. …………………………………..







    CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN

    Sekolah/Madrasah : Madrasah Tsanawiyah
    Kelas : VII
    Mata Pelajaran : SKI
    Semester : I (Ganjil)
    Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam

    Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian (Teknik, Bentuk dan contoh instrumen) Alokasi
    Waktu Sumber Belajar
    1.1



    1.2 Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam

    Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
    Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam
    Tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam • Siswa mengamati berbagai gambar cermin kebudayaan Islam
    • Siswa membaca berbagai sumber tentang pengertian kebudayaan Islam
    • Siswa berdiskusi tentang pengertian kebudayaan Islam , periodeisasi Sejarah Kebudayaan Islam, dan manfaat serta tujuan mempelajari kebudayaan Islam
    • Menyimpulkan bersama tentang pengertian kebudayaan Islam dan tujuan mempelajarinya Sejarah Kebudayaan Islam
    1. Dapat menjelaskan arti kebudayaan
    2. Dapat menjelaskan makna Islam
    3. Dapat mendefiniskan arti Sejarah Kebudayaan Islam
    4. Dapat menyebutkan periodeisasi sejarah Kebudayaan Islam
    Tes Tertulis :
    1. Jelaskan pengertian sejarah Kebudayaan Islam
    2. Sebutkan periodeisasi Sejarah Kebudayaan Islam
    3. Apa tujuan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam?
    4. Apa saja manfaat mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam? 2x40 menit • Buku paket Sejarah Kebudyaan Islam, Toha Putra,Semarang dan sumber lain yang relevan.

    1.3 Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam • Meresume materi tentang bentuk/wujud kebudayaan Islam.
    • Menanyakan kepada siswa tentang bentuk/wujud kebudayan Islam.
    • Menarasikan tentang sifat dan pengaruh budaya Islam bagi operkembangan dakwah Islam. 1. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam
    2. Menjelaskan sifat-sifat kebudayaan Islam
    3. Menjelaskan pengaruh kebudayaan Islam bagi perkembangan dakwah Islam
    Portofolio

    Membuat kliping terkait materi bentuk/wujud kebudayaan Islam.
    Membuat laporan tentang sifat dan pengaruh budaya Islam bagi perkembangan dakwah Islam 2x40 menit • Buku paket Sejarah Kebudyaan Islam, Toha Putra,Semarang.
    • Internet, koran, majalah dan sumber lain yang relevan.


    Jakarta September 2008
    Mengetahui, Guru Bidang Studi;
    Kepala Madrasah;






    Drs. Susari, MA Drs. Abdul Mutaqin
    NIP : NIP :















    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    Sekolah : Madrasah Tsanawiyah PSA
    Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
    Kelas/Semester : VII/I
    Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

    A. Standar Kompetensi : 1. Memahami sejarah kebudayaan Islam
    B. Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian Kebudayaan Islam
    1.2 Menjelaskan tujuan mempelajari kebudayaan Islam
    C. Tujuan Pembelajaran :
    • Siswa dapat menjelaskan arti kebudayaan
    • Siswa dapat menjelaskan makna Islam
    • Siswa dapat mendefiniskan arti Sejarah Kebudayaan Islam
    • Siswa dapat menyebutkan periodeisasi sejarah Kebudayaan Islam
    • Siswa dapat menyebutkan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebuyaan Islam

    D. Materi Pembelajaran : Pengertian Sejarah Kebudayaan Islam

    E. Metode : 1. Ceramah
    2. Tanya jawab
    3. Penugasan

    F. Langkah-Langkah Pembelajaran
    1. Kegiatan Pendahuluan
    a. Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdo’a.
    b. Appersepsi, mengajukan pertanyaan tentang pengertian Sejarah, Kebudayaan, dan Islam
    c. Motivasi, membangkitkan minat siswa dengan menunjukkan gambar-gambar bahwa Sejarah Islam pernah mencapai masa keemasan

    2. Kegiatan Inti
    a. Siswa berkelompok ditugasi mengamati gambar-gambar sejarah Islam dan peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sejarah Islam kemudian membaca buku teks tentang pengertian, periodesasi SKI, sejarah Kebudayaan Islam (Eksplorasi)
    b. Siswa berdiskusi tentang pengertian SKI, periodesasi SKI, manfaat dan tujuan mempelajari SKI (Elaborasi)
    c. Satu kelompok menyajikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapi (Elaborasi)
    d. Guru memberikan penguatan dan pelurusan hal-hal yang kurang tepat (Konfirmasi)
    3. Kegiatan Penutup
    a. Guru melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi pengertian Sejarah Kebudayaan Islam dan perideisasi Sejarah Kebudayaan Islam
    b. Memberikan tugas pengayaan untuk membaca lagi tentang periodesasi sejarah Islam

    G. Alat/Sumber Belajar
    Buku Sejarah Kebudayaan Islam, Ensiklopedi Islam Untuk Pelajar dan buku sumber yang relevan.





    H. Penilaian


    Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
    Siswa dapat mendefiniskan arti Sejarah Kebudayaan Islam
    Tes Tulis Uraian Jelaskan pengertian sejarah Kebudayaan Islam
    Siswa dapat menyebutkan periodeisasi sejarah Kebudayaan Islam
    Tes Tulis Uraian Sebutkan periodeisasi Sejarah Kebudayaan Islam
    Siswa dapat menyebutkan tujuan mempelajari sejarah Kebudayaan Islam Tes Tulis Uraian Sebutkan tujuan mempelajari sejarah Kebudayaan Islam
    Siswa dapat menyebutkan manfaat mempelajari sejarah Kebudayaan Islam Tes Tulis Uraian Sebutkan manfaat mempelajari sejarah Kebudayaan Islam


    Mengetahui: Jakarta, ..............................
    Kepala Madrasah, Guru Sejarah Kebudayaan Islam



    ............................. ..............................................





    8. Quran Hadits

    RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF DALAM SEMESTER

    MATA PELAJARAN : Quran Hadits
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 ( Satu )
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
    I Jumlah Pekan dan Satu Semester II. Jumlah Pekan Tidak Efektif

    No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN
    1 Juli 5 1 Juli 3
    2 Agustus 4 2 Agustus -
    3 September 4 3 September 1
    4 Oktober 5 4 Oktober 2
    5 November 4 5 November -
    6 Desember 5 6 Desember 4
    JUMLAH (a) 27 JUMLAH (b) 10

    III. Jumlah Pekan Efektif IV. Jumlah Jam Efektif
    (a) 27 - (b) 10 ) = ( c ) 17 Pekan ( c ) 17 X 2 = 34 Jam
    Madrasah menambah 2 jam dari struktur aslinya
    V. Kegiatan semester 1 yang bukan jam efektif
    No Nama bulan Pekan ke Uraian kegiatan
    1 Juli 1,2,3 Libur TP. 2007/2008 & Mos/LDKS Kls VII TP. 2008/2009
    2 Agustus -
    3 September 1 dan 4 Libur awal Ramadhan dan Idul Fitri
    4 Oktober 1,2 Libur Idul Fitri 1429 H
    5 November -
    6 Desember 2,3,4 & 5 UAS, Persiapan dan Pembagian Rapor dan Libur Smt































    Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Al-Qur’an Hadits SMP/MTs


    A. STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

    a. Kelas VII, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Memahami al-Qur'an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup 1.1 Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an dan al-Hadis
    1.2 Menjelaskan cara-cara menfungsikan al-Qur'an dan al-Hadis
    1.3 Menerapkan al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Islam
    2. Mencintai al-Qur'an dan al-Hadis 2.7 Menjelaskan cara mencintai al-Qur'an dan al-Hadis
    2.8 Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Qur'an dan al-Hadis
    2.9 Menerapkan perilaku mencintai al-Qur'an dan al-Hadis dalam kehidupan
    3 Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah 3.1 Memahami isi kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah
    3.2 Menerapkan kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas dalam kehidupan sehari-hari

    4. Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
    4.1 Menulis hadis tentang iman dan ibadah
    4.2 Menerjemahkan makna hadis tentang iman dan ibadah
    4.3 Menghafalkan hadis tentang iman dan ibadah
    4.4 Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
    4.5 Menerapkan isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah

    b. Kelas VII, Semester 2
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan 1.1 Menerapkan hukum bacaan mim sukuun dalam QS al-Bayyinah dan al-Kafirun
    2. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi 2.1 Memahami isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi
    2.2 Memahami keterkaitan isi kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang membangun kehidupan umat beragama dalam fenomena kehidupan
    2.3 Menerapkan kandungan QS al-Kafirun dan al-Bayyinah tentang toleransi dalam kehidupan sehari-hari

    3. Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah 3.1 Memahami isi kandungan QS al-Lahab dan an-Nashr tentang problematika dakwah
    3.2. Menerapkan kandungan QS al-Lahab dan an-Nashr dalam kehidupan sehari-hari






    CONTOH PROGRAM TAHUNAN

    Mata Pelajaran : QURAN HADIS
    Satuan Pendidikan : Madrasah Tsanawiyah PSA
    Tahun Pelajaran : 2008/2009
    Kelas : Tujuh(VII)

    Smt No Standar Kopetensi/Materi pokok Alokasi waktu Keterangan
    1 1 Memahami al-Qur'an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup 3 Pekan 3 x 2 jp = 6 jp
    2. Mencintai al-Qur'an dan al-Hadis 3 Pekan 3 x 2 jp = 6jp
    3 Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah 7 Pekan 7 x 2 jp = 14 jp
    4 Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah 4 Pekan 4 x 2 jp = 8 jp
    J U M L A H 17 Pekan 17 x 2 jp = 34 jp

    2 1 Membaca al-Qur'an surat pendek pilihan
    2 Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehar-hari tentang toleransi
    3 Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang problematika dakwah
    J U M L A H

    Mengetahui Jakarta, Juni 2008
    Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi




    ..................................... ..............................................

    CONTOH PROGRAM SEMESTER
    Madrasah tsanawiyah

    MATA PELAJARAN : AL QUR’AN HADITS
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 (SATU)
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    NO. SK/ KD ALOKASI Juli Agustus September Oktober November Desember KET.
    WAKTU 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5
    1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25
    1 1.Memahami al-Qur'an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup
    1.1Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an dan al-Hadis
    1.2Menjelaskan cara-cara menfungsikan al-Qur'an dan al-Hadis
    1.3 Menerapkan al-Qur'an sebagai pedoman hidup umat Islam
    6 4 2
    2 Mencintai Al Quran dan Al Hadist
    2.7Menjelaskan cara mencintai al-Qur'an dan al-Hadis
    2.8Menjelaskan perilaku orang yang mencintai al-Qur'an dan al-Hadis
    2.9Menerapkan perilaku mencintai al-Qur'an dan al-Hadis dalam kehidupan
    6 2 4
    3. 3 Menerapkan al-Qur'an surat-surat pendek pilihan dalam kehidupan sehari-hari tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah

    3.1 memahami isi kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas tentang tauhiid Rubuubiyah dan Uluuhiyyah

    3.2Menerapkan kandungan QS al-Faatihah, an-Naas, al-Falaq dan al-Ikhlaas dalam kehidupan sehari-hari
    (Ulangan)
    6 4 2 LIBUR AKHIR RAMADAN LIBUR IDUL FITRI LIBUR IDUL FITRI U A S PERSIAPAN PEMBAGIAN RAPOR PERSIAPAN PEMBAGIAN RAPOR LIBUR SEMESTER GANJIL
    4. Memahami hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
    4.1Menulis hadis tentang iman dan ibadah
    4.2Menerjemahkan makna hadis tentang iman dan ibadah
    4.3Menghafalkan hadis tentang iman dan ibadah
    4.4Menjelaskan keterkaitan isi kandungan hadis tentang iman dan ibadah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
    Menerapkan isi kandungan hadis tentang ciri iman dan ibadah yang diterima Allah
    (Ulangan) 6 LIBUR AWAL RAMADAN 4 2
    Ulangan 4 MOS/ MOM 2 2
    Jumlah 68

    Mengetahui Jakarta, Juli 2008
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,






    CONTOH SILABUS PEMBELAJARAN

    Nama Sekolah : MTs ...................
    Mata Pelajaran : Alquran-Hadits
    Semester : 1
    Kelas : VII

    Standar kompetensi : Memahami al-Qur'an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup


    Kompetensi Dasar
    Kegiatan Pembelajaran Materi Pokok/Pembelajaran
    Indikator
    Assessment Sumber Belajar Alokasi Waktu

    Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an dan al-Hadis
    - Membaca beberapa sumber untuk mengidentifikasi pengertian dan fungsi alquran dan hadits
    - Beradu cepat dan saling bertanya tentang pengertian dan fungsi alquran hadits

    -
    - Pengertian alquran
    - Pengertian hadits
    - Fungsi alquran
    - Fungsi hadits

    Siswa mampu :

    - Menjelaskan pengertian dan fungsi alquran
    - Menjelaskan pengertian dan fungsi hadits

    Tes tertulis

    - Buku pedoman guru mp alquran-hadits kls VII MTs
    -
    - Buku alquran-hadits untuk siswa Mts kelas VII
    -

    2X40’

    -











    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
    (RPP)

    Madrasah :
    Mata Pelajaran : Quran Hadist
    Kelas/Semester : VII/I
    Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

    Standar Kompetensi :
    Memahami al-Qur'an dan al-Hadis sebagai pedoman hidup

    Kompetensi Dasar :
    Menjelaskan pengertian dan fungsi al-Qur'an dan al-Hadis

    I. Tujuan Pembelajaran :
    1. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan fungsi Alquran
    2. Siswa mampu menjelaskan pengertian dan fungsi hadits
    II. Materi Pembelajaran : Pengertian dan fungsi AlQuran, pengertian dan fungsi Hadist
    III. Metode : 1. Ceramah,
    2. Tanya jawab
    3. Diskusi
    4. Permainan







    Langkah-langkah Pembelajaran :
    Kegiatan Pendahuluan :
    - Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
    - Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang ingin dicapai.

    Kegiatan Inti :

    (i) Eksplorasi
    - Siswa dibagi 5-6 kelompok
    - Tiap kelompok diberikan satu set kalimat dan beradu cepat memasangkan beberapa kalimat berkaitan dengan pengertian dan fungsi AlQuran serta hadist.
    (ii) Elaborasi
    - Tiap kelompok saling menilai hasil kelompok lain
    - Guru memberi tugas kepada tiap kelompok mendiskusikan contoh-contoh dalam kehidupan yang merupakan cermin memfungsikan Aquran sebagai pedoman hidup
    (iii) Konfirmasi.
    - Guru memberikan umpan balik yang positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan dan bentuk lainnya
    - Bersama-sama menyimpulkan pengertian dan fungsi AlQuran dan hadist.

    Kegiatan Akhir :
    - Merencanakan pemberian tugas untuk pengayaan
    - Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
    Alat dan Sumber Belajar : Buku Pelajaran Alquran-Hadits.


    Penilaian





    Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
    Siswa dapat menjelaskan pengertian Al-Quran
    Tes Tulis Uraian Jelaskan pengertian Al-Quran

    Siswa dapat menjelaskan fungsi Al-Quran Tulis Tulis Uraian Jelaskan fungsi Al-Quran

    Siswa dapat menjelaskan pengertian Hadist
    Tes Tulis Uraian Jelaskan pengertian hadist
    Siswa dapat menjelaskan fungsi Hadist Tes Tulis Uraian Jelaskan fungsi hadist
    Jakarta, ... Juni 2008

    Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
    Kepala Madrasah, Guru alquran-hadits,


    ______________________ ______________________
    NIP.

















    9. Bahasa Arab


    RINCIAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF DALAM SEMESTER

    MATA PELAJARAN : Bahasa Arab
    KELAS : VII (TUJUH)
    SEMESTER : 1 ( Satu )
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    A. PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
    I Jumlah Pekan dan Satu Semester II. Jumlah Pekan Tidak Efektif

    No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN No. Urt. NAMA BULAN JUMLAH PEKAN
    1 Juli 5 1 Juli 3
    2 Agustus 4 2 Agustus -
    3 September 4 3 September 1
    4 Oktober 5 4 Oktober 2
    5 November 4 5 November -
    6 Desember 5 6 Desember 4
    JUMLAH (a) 27 JUMLAH (b) 10


    III. Jumlah Pekan Efektif IV. Jumlah Jam Efektif
    (a) 27 - (b) 10 ) = ( c ) 17 Pekan ( c ) 17 X 2 = 34 Jam

    V. Kegiatan semester 1 yang bukan jam efektif
    No Nama bulan Pekan ke Uraian kegiatan
    1 Juli 1,2,3 Libur TP. 2007/2008 & Mos/LDKS Kls VII TP. 2008/2009
    2 Agustus -
    3 September 1 dan 4 Libur awal Ramadhan dan Idul Fitri
    4 Oktober 1,2 Libur Idul Fitri 1429 H
    5 November -
    6 Desember 2,3,4 & 5 UAS, Persiapan dan Pembagian Rapor dan Libur Smt































    STANDAR KOMPETENSI (SK) DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
    MATA PELAJARAN BAHASA ARAB
    MADRASAH TSANAWIYAH

    Kelas VII, Semester 1
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Menyimak

    Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.
    1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
    التعارف - المدرسة
    1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang :
    التعارف - المدرسة
    1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
    التعارف - المدرسة
    2. Berbicara

    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
    2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
    التعارف - المدرسة
    3.1 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang:
    التعارف - المدرسة
    3. Membaca

    Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah

    3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
    التعارف - المدرسة
    4.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang:
    التعارف - المدرسة
    4.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang:
    التعارف - المدرسة
    4. Menulis

    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah


    4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
    tentang
    التعارف - المدرسة
    4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang
    التعارف – المدرسة
    Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat
    (مبتدأ + خبر ), dengan مبتدأ yang meliputi: (ضمير مفرد، إشارة مفرد) dan خبر yang meliputi kata sifat, termasuk warna dan
    أدوات جرّ


    b. Kelas VII, Semester 2
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR
    1. Menyimak
    Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.



    1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان

    1.1 Menemukan informasi dari wacana lisan
    sederhana tentang :
    البيت - الأسرة - العنوان
    1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان
    2. Berbicara
    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal


    2.1 Melakukan dialog sederhana tentang
    البيت - الأسرة - العنوان
    2.2 Menyampaikan informasi secara lisan
    dalam kalimat sederhana tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان
    3. Membaca
    Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal 3.1 Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان




    3.2 Mengidentifikasi kata, frasa, dan kalimat
    wacana tertulis sederhana tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان



    3.3 Menemukan makna, gagasan atau pikiran
    dari wacana tertulis sederhana tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان
    4. Menulis
    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal 4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana
    tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان
    4.3 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang:
    البيت - الأسرة - العنوان
    Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
    خبر مقدم - مبتدأ مؤخر - نعت - خبر (فعل مضارع للمفرد) - عدد (رقم) : 1 - 100



    CONTOH PROGRAM TAHUNAN
    Mata Pelajaran : Bahasa Arab
    Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah PSA
    Tahun Pelajaran : 2008/2009
    Kelas : Tujuh (VII)/1

    Smt No Standar Kopetensi/Materi pokok Alokasi waktu Keterangan
    1 1 Menyimak
    Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.
    3 Pkn 3 x 2 jp = 6 jp
    2. Berbicara
    Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
    6 Pkn 6 x 2 jp = 12 jp
    3 Membaca
    Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
    4 Pkn 4 x 2 jp = 8 jp
    4 Menulis
    Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
    4 Pkn 4 x 2 jp = 8 jp
    J U M L A H 17 Pkn 17 x 2 jp = 34 jp
    2 1 Menyimak
    Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

    2 Berbicara
    Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

    3 Membaca
    Memahami wacana tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan

    4 Menulis
    Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan pekerjaan
    J U M L A H

    Mengetahui Jakarta, Juni 2008
    Kepala Madrasah, Guru Bidang Studi




    ......................................... ............................................












    CONTOH PROGRAM SEMESTER
    Madrasah tsanawiyah

    SATUAN PENDIDIKAN : MTs ...
    MATA PELAJARAN : BAHASA ARAB
    KELAS/ SEMESTER : VII/1
    TAHUN PELAJARAN : 2008/2009

    No KOMPETENSI DASAR ALOKASI Juli Agustus September Oktober Nopember Desember
    WAKTU 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5 1 2 3 4 5
    1. Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan 3 MASA ORIENTASI SISWA LIBUR AWAL RAMADHAN LIBUR AKHIR RAMADHAN MENJELANG IDUL FITRI LIBUR 1 SYAWAL/IDUL FITRI
    atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah (Menyimak).
    1.1 Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat)
    tentang التعارف - المدرسة
    1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : التعارف - المدرسة
    1.3 Merespon gagasan yg trdp pd wacana lisan/dialog sederhana ttg لتعارف - المدرسة
    2. Mengungkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dalam bentuk 6
    paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah
    2.1 Melakukan dialog sederhana tentang التعارف - المدرسة
    2.2 Menyamp.informasi secara lisan dalam kalimat sederhana ttg لتعارف - المدرسة
    3.Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah 4
    tentang perkenalan dan lingkungan madrasah (Membaca).
    3.1 Mengidentifikasi kata, frasa, kalimat wacana tertulis sederhana ttg التعارف - المدرسة
    3.2 Menemu makna, gagasan/pikiran dr wacana tertulis sederhana ttg التعارف - المدرسة
    4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah 4
    menulis tentang perkenalan dan lingkungan madrasah (Menulis)
    4.1 Menulis kata, frasa, kalimat sederhana ttg التعارف - المدرسة
    4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana
    tentang التعارف - المدرسة


    Mengetahui Jakarta, Juli 2008
    Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,


    ……………………………………………….. …………………………………..







    CONTOH S I L A B U S
    Sekolah : MTs PSA
    Kelas : VII (Tujuh)
    Mata Pelajaran : Bahasa Arab
    Semester : 1 (satu)
    Standar Kompetensi : Menyimak- Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan
    atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah


    Kompetensi Dasar
    Kegiatan Pembelajaran Materi Pokok/Pembljaran
    Indikator
    Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar

    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

    التعارف - المدرسة











    • Mendengarkan bunyi huruf hijaiyah
    • Menirukan bunyi huruf hijaiyah
    • Membubuhkan Check list pada huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama


    1. Teks hiwar :

    التعارف
    المدرسة
    (sesuai dg buku teks)

    2. Cara meng-identifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran.


    Siswa dapat :

    • Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
     Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
     Menentukan benar/salah ujaran yang didengar

    Bentuk instrumen:
    Pertanyaan lisan , tes tertulis pilihan ganda,
    melengkapi











    3X40 menit














    Buku teks
    Bahasa Arab MTs kelas VII penerbit Toha Putra.

    DVD yg berkait dengan materi.



    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Madrasah :
    Mata Pelajaran : Bahasa Arab
    Kelas/Semester : VII/I
    Alokasi Waktu : 3 x 40 menit

    A. Standar Kompetensi :

    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

    التعارف - المدرسة
    Kompetensi Dasar :
    Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang:

    التعارف - المدرسة


    Tujuan Pembelajaran :
    • Menentukan bentuk huruf Hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
    • Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama
     Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
     Menentukan benar/salah ujaran yang didengar

    IV. Materi Pembelajaran :

    Teks hiwar :

    التعارف
    المدرسة
    (sesuai dg buku teks)

    Cara meng-identifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran.

    V. Metode : 1. Ceramah,
    2. Tanya jawab
    3. Diskusi
    4. Permainan



    VI. Langkah-langkah Pembelajaran :

    Kegiatan Pendahuluan :
    - Guru-Siswa memberi salam dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
    - Guru melakukan tanya jawab tentang mufradat yang telah dipelajari.
    - Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan kompetensi dasar yang ingin dicapai.
    - Siswa menyiapkan buku teks pelajaran

    Kegiatan Inti :

    (iv) Eksplorasi
    - memutar DVD tentang tema yang berkaitan.
    - Siswa beradu cepat menemukan mufradat dari teks lisan yang didengar
    (v) Elaborasi
    - Guru menunjuk seorang siswa yang sudah fasih melafalkan, untuk menentukan bentuk huruf Hijaiyah sesuai dengan bunyi yang didengar
    - Guru menunjuk beberapa siswa untuk membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama.
    - Guru memberi beberapa tulisan untuk dicocokan tulisan tersebut dengan ujaran yang didengar dan menentukan benar/salah ujaran yg didengar.
    - Selanjutnya memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya, mendiskusikan dan memberi masukan terhadap tulisan dan ujaran yang telah dipelajari.
    - Siswa membubuhi cek list pada lembar kerja yang ada terdapat huruf-huruf dengan makhraj yang hampir sama.
    (vi) Konfirmasi.

    - Guru memberikan umpan balik yang positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan dan bentuk lainnya
    - Jika terdapat pertanyaan/masalah yang terjadi guru membantu memecahkannya.
    - Memberikan informasi dan motivasi agar siswa dapat memenuhi kompetensi dasar dengan baik

    VI. Sumber Pembelajaran
    Buku teks
    Bahasa Arab MTs kelas VII penerbit Toha Putra.

    DVD yg berkait dengan materi

    VII. Penilaian




    Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian Contoh Instrumen
    • Membedakan huruf-huruf yang memiliki makhraj yang hampir sama

    Tes Tulis Tes Benar Salah Dengarkan pasangan kata berikut! (diperdengarkan pasangan kata dengan makhraj yang hampir sama)
    Tulislah B jika makhraj yang kamu dengar kamu anggap sama dan tulislah S jika makhraj yang kamu dengar kamu anggap bebeda


    1. B - S
    2. B - S
    3. B – S
    4. B – S
    5. B – S
    6. B - S

    • Mencocokkan tulisan dengan ujaran yang didengar
    Tes Tulis Tes B-S Dengarkan kata/frase berikut! (diperdengarkan frase atau kata ). Tulislah B jika tulisan sama dengan ujaran yang kamu dengar kamu anggap sama dan tulislah S jika ujaran yang kamu dengar bebeda dengan tulisannya.

    1. B - S
    2. B - S
    3. B – S
    4. B – S
    5. B – S








    Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
    Kepala Madrasah, Guru Bahasa Arab,





    ______________________ ______________________
    NIP. NIP.

    10. ILMU PENGETAHUAN ALAM

    STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

    1. Kelas IX, Semester 1
    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia 1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
    1.3 Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

    2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup 2.1 Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
    2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup
    2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.
    2.4 Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
    3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 3.1 Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
    3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
    3.4 Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari


    Kelas IX, Semester 2
    Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
    4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari 4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
    4.2 Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
    4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
    5. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya 5.1 Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya
    5.2 Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
    5.3 Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
    5.4 Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
    5.5 Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan


    CONTOH PEMETAAN SETANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
    MATA PELAJARAN IPA TERPADU
    STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR ASPEK KET.
    PEMAHAMAN KONSEP PSIKOMOTOR JML
    JAM PEL

    1 Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia






    1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    - Menjelaskan hakekat sistim ekskresi
    - Menjelaskan apa yang dikaji dalam
    sistim ekskresi
    - Menjelaskan kedudukan dan Keter-
    kaitan sistim ekskresi dengan kesehatan
    - Keterkaitan sistim ekskresi dengan kesehatan
    - Menyusun contoh pemecahan
    masalah sistim ekskresi dengan metode ilmiah

    ( 2 JP ) -Mempresentasikan
    rancangan penelitian
    sederhana berkaitan
    dengan sistim ekskresi






    ( 1 JP )









    3 JP
    1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia

    - Menjelaskan hakekat sistim ekskresi
    - Menjelaskan apa yang dikaji dalam
    sistim ekskresi
    - Menjelaskan kedudukan dan Keter-
    kaitan sistim ekskresi dengan kesehatan
    - Keterkaitan sistim ekskresi dengan kesehatan
    - Menyusun contoh pemecahan
    masalah sistim ekskresi dengan metode ilmiah
    ( 2 JP )










    ( 1 JP )





    3


    CONTOH PROGRAM TAHUNAN

    Satuan Pendidikan : …………………..
    Mata Pelajaran : IPA
    Kelas / Semester : IX / Ganjil
    Tahun Pelajaran : 2008/ 2009

    SMT Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar Alokasi
    Waktu Keterangan














    I


    1. Mmahami berbagai sistim dalam kehidupan manusia
    1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    1.2 Mendeskripsikan sistem rproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
    1.3 Mendeskrepsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungan dengan kesehatan
    4 JP

    3 JP

    3 JP
    Sistem ekskresi pada manusia
    Sistem reproduksi pada manusia
    Sistem koordinasi dan alat indra manusia
    2. Memahami kelangsungan hidup makluk hidup
    2.1 Mengidentifikasikan kelangsungan hidup makluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan

    2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makluk hidup
    2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
    2.4 Mendeskripsikan penerapan bio tehnologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan
    4 JP


    2 JP
    4 JP

    4 JP

    Kelangsungan hidupMakluk hidup

    Pewarisan sifat
    Proses pewarisan sifat
    Penerapan biotehnologi
    3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3.1 Mendiskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3.3 Mendiskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    3.4 Mendiskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

    4 JP

    4 JP

    2 JP


    4 JP



    Muatan listrik

    Listrik Dina,is

    Prinsip kerja Elemen dan arus listrik
    Energi dan daya Listrik
    Jumlah 37 JP

    Mengetahui, ………….,…………….
    Kepala Madrasah Guru Mata Pelajaran



    ……………………. ……………………….





    CONTOH PROGRAM TAHUNAN


    Satuan Pendidikan : MTs…………
    Mata Pelajaran : IPA
    Kelas / Semester : IX/ Genap
    Tahun Pelajaran : 2007/ 2008

    SMT Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar Alokasi
    Waktu Keterangan












    II 4.Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari
    4.1 Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
    4.2 Mendiskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk tehnologi
    4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untukmenjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektro magnetic


    3 JP

    3 JP

    4 JP



    Kemagnetan

    kemagnetan

    Induksi elektro magnetik

    5. Memahami sistem tata surya dan proses ysng terjsdi di dalamnya
    5.1 Mendiskripsikan karakteristik sistem tata surya
    5.2 Mendiskripsikan matahari sebagai bntang dan bumi sebagai salah satu planetnya
    5.3 Mendiskripsikan gerak edar bnmi sebagai salah satu planet
    5.4 Mendiskripsikan proses-proses khusus yang terjadi dilapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor
    5.5 Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi dilapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan

    3 JP
    2 JP

    2 JP
    3 JP


    3 JP

    Tata surya
    Matahari dan Bumi
    Planet
    Atmosfer


    Lithosfer dan atmosfer
    Jumlah 80 JP




    CONTOH PROGRAM SEMESTER GANJIL

    Mata Pelajaran : IPA
    Kelas : IX
    Tahun Pelajaran : 2007/ 2008

    No. Standar Kompetensi/ Kompetensi Dasar Alokasi
    Waktu Diberikan pada bulan / minggu KKM Pencapaian
    Target
    Juli Agustus September Oktober November Desember
    1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 Ren Pelaks


    1

    2



    3




    1. Mmahami berbagai sistim dalam kehidupan manusia
    1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    1.2 Mendeskripsikan sistem rproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
    1.3 Mendeskrepsikan sistem koordinasi dan alat indra pada manusia dan hubungan dengan kesehatan


    3 JP


    3 JP


    3 JP




    M
    A
    S
    A

    O
    R
    I
    E
    N
    T
    A
    S
    I

    S
    E
    K
    O
    L
    A
    H



    3




    3







    3






































    U
    J
    I
    A
    N

    T
    E
    N
    G
    A
    H

    S
    E
    M
    E
    S
    T
    E
    R










    U
    L
    A
    N
    G
    A
    N

    S
    E
    M
    E
    S
    T
    E
    R

    G
    A
    N
    J
    I
    L 55


    3



    4


    5


    6



    2. Memahami kelangsungan hidup makluk hidup
    2.1 Mengidentifikasikan kelangsungan hidup makluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan

    2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makluk hidup

    2.3 Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta penerapannya
    2.4 Mendeskripsikan penerapan bio tehnologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan

    4 JP



    2 JP


    4 JP


    4 JP

    4





    2








    4



    55











    7


    8


    9


    10 3. Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3.1 Mendiskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3.3 Mendiskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya dalam kehidupan sehari-hari.
    3.4 Mendiskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

    4 JP


    4 JP


    2 JP



    4 JP

    O
    R
    I
    E
    N
    T
    A
    S
    I

    S
    E
    K
    O
    L
    A
    H


    U
    J
    I
    A
    N

    T
    E
    N
    G
    A
    H

    S
    E
    M
    E
    S
    T
    E
    R


    4




    4










    2











    4
    U
    L
    A
    N
    G
    A
    N

    S
    E
    M
    E
    S
    T
    E
    R

    G
    A
    N
    J
    I
    L 55


    CONTOH Silabus

    Sekolah : MTs ...................
    Mata Pelajaran : IPA
    Kelas : IX (Sembilan)
    Semester : 1 (Satu)
    Standar Kompetensi: Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

    Kompetensi Dasar Materi Pokok/
    Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
    Indikator Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
    Teknik Bentuk Instrumen Contoh Instrumen
    1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka


    o Mengamati torso/gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem ekskresi pada manusia



    o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit) • Menyebutkan macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia




    • Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia



    • Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi

    • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya • Tes tertulis





    • Tes tertulis




    • Tes tertulis


    • Penugasan

    PG






    PG






    Uraian


    Proyek

    • Berikut ini adalah nama organ-organ penyusun sistem ekskrsi, kecuali....
    a. paru-paru
    b. empedu
    c. kulit
    d. ginjal
    • Organ yang bentuknya mirip kacang dan berwarna merah marun adalah ....
    a. Jantung
    b. paru-paru
    c. ginjal
    d. hati
    • Kemukakan fungsi sistem ekskresi yang dimiliki oleh tubuh manusia!
    • Buatlah tulisan tentang salah satu contoh penyakit pada sistem ekskresi yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari!
    • Lembar penilaian antar teman untuk menilai tingkat keterlibatan siswa dalam penyelesaian proyek)
    6 x 40’ Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan


    CONTOH Silabus

    Sekolah : MTs ...................
    Mata Pelajaran : IPA
    Kelas : IX (Sembilan)
    Semester : 1 (Satu)
    Standar Kompetensi : Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

    Kompetensi Dasar Materi Pokok/
    Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran
    Indikator Alokasi Waktu Sumber Belajar
    1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
    Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan o Mencari informasi tentang karakteristik struktur dan fungsi organ penyusun sistem ekskresi pada manusia melalui studi pustaka

    o Mengamati torso/gambar karakteristik struktur organ penyusun sistem ekskresi pada manusia


    o Mencari informasi tentang kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi pada manusia beserta cara mengatasinya melalui studi pustaka dan dari pusat kesehatan (klinik/puskesmas/rumah sakit) • Menyebutkan macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia


    • Mendeskripsikan bentuk/bangun organ-organ penyusun sistem ekskresi pada manusia


    • Mendeskripsikan fungsi sistem ekskresi

    • Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya • Tes tertulis
    (PG)



    • Tes tertulis
    (PG)



    • Tes tertulis
    (Uraian)

    • Penugasan

    6 x 40’ Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan



    CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP )


    Sekolah : ..............................
    Kelas / Semester : IX / 1 ( satu )
    Mata Pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM( IPA )

    Standar Kompetensi :
    1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

    Kompetensi Dasar :
    1.1 Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dalam hubungannya dengan kesehatan.

    Indikator :
     Menyebutkan macam organ penyusun sistem ekskresi pada manusia.
     Menjelaskan fungsi sistem ekskresi
     Mengidentifikasi contoh kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

    Alokasi Waktu: 4 x 40 menit

    A. Tujuan Pembelajaran
    Pertemuan Pertama
    Peserta didik dapat :
    1. Menjelaskan pengertian ekskresi,
    2. Menyebutkan tiga alat pengeluaran utama pada manusia,
    3. Menjelaskan fungsi sistem ekskresi pada manusia,
    4. Menyebutkan fungsi ginjal,
    5. Menyebutkan tiga fungsi kulit,
    6. Menyebutkan fungsi hati sebagai alat pengeluaran.




    Pertemuan Kedua
    Peserta didik dapat :
    1. Mengidentifikasi kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia,
    2. Menjelaskan kelainan-kelainan pada alat ekskresi dan upaya mengatasinya.
    B. Materi Pembelajaran
    Sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
    C. Metode dan Model Pembelajaran
    1. Metode : Diskusi Informasi
    2. Model : Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw

    D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
    1. Pertemuan Pertama ( 2 x 40 menit )
    KEGIATAN WAKTU ASPEK LIFE SKILL

    Pendahuluan :
    a. Motivasi dan Apresepsi
    Kenapa keringat terasa asin ?
    Membacakan salah satu ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan kesempurnaan tubuh manusia (Q : S = 82: 7 – 8)
    b. Pengetahuan Prasyarat
    Mengingatkan kembali pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari pertemuan sebelumnya, yaitu manusia membutuhkan makan dan minum sebagai bahan metabolisme dalam sel-sel tubuh. Sebagai hasil samping dari proses metabolisme adalah zat-zat sampah yang harus dikeluarkan dari tubuh.
    c. Menyampaikan indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran.

    Kegiatan Inti :
    1. Guru membagikan LKS dan menjelaskan langkah-langkah kerja dengan model pembelajaran Jig Saw (Guru membagi siswa dalam kelompok kooperatif menjadi 3: A , B, dan C ) yang disebut kelompok ASAL. Guru mengingatkan kepada siswa agar duduk dalam tatanan kooperatif dan memasang nomor di baju. Setiap nomor yang sama berkumpul di meja depan membentuk kelompok AHLI ( A1 , B1 , C1 , dst ) untuk memperoleh penjelasan dari Guru. Setelah selesai kembali ke kelompok ASAL dan menjelaskan pada temannya untuk melaksanakan dan membuat laporan
    2. Siswa secara kelompok menggali informasi tentang pokok-pokok materi alat-alat ekskresi pada manusia dan melakukan kegiatan sesuai dengan langkah-langkah di atas. (Eksplorasi ).

    3. - Tiap-tiap kelompok mempresentasi kan hasil kegiatannya. Dan Kelompok lain diberi kesempatan untuk bertanya, menambahkan jawaban. (Elaborasi)

    4. Guru memberikan penguatan.
    Dan melakukan kuis secara individual. Serta bersama peserta didik guru membuat kesimpulan hasil belajar ( Konfirmasi )

    Penutup
    1. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.

    2. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mendata contoh

    kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia dari artikel pada majalah kesehatan, buletin atau koran.
    10’











    60’














    10’
    Ketrampilan sosial dan berfikir










    Ketrampilan social, akademik dan berfikir
















    Ketrampilan akademik dan social
    2. Pertemuan Kedua ( 2 x 40 menit )
    KEGIATAN WAKTU ASPEK LIFE SKILL

    Kegiatan Pendahuluan :
    a. Motivasi dan Apersepsi
    Mengapa ada orang yang menderita penyakit batu ginjal harus sering minum?
    Apakah kamu tahu apa yang dimaksud dengan cuci ginjal atau hemodialisis?
    b. Prasyarat Pengetahuan
    Guru mengingatkan kembali materi sebelumnya tentang fungsi ginjal.
    Menyampaikan indikator pembelajaran, meliputi produk, proses dan psikomotor dan keterampilan sosial.

    Kegiatan Inti :
    1. Siswa mengidentifikasi contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia, dengan model pembelajaran kooperatif Jig Saw yang telah dijelaskan. (Eksplorasi ).
    2. Siswa melakukan diskusi untuk menjawab dua pertanyaan yang dibuat oleh masingmasing kelompok kooperatif peserta didik.
    3. Guru membagikan LKS dan memberikan pengarahan cara menggunakan alat bedah sekaligus membedah ginjal. Dan meminta masing-masing kelompok kooperatif peserta didik mengerjakannya dibawah bimbingan guru.
    4. Siswa mempresentasikan hasil kerja dan membahasnya dengan kelompok lain. (Elaborasi)
    5. Guru memberikan penguatan dan menjawab pertanyaan siswa yang belum tuntas.
    6. Guru membagikan lembar evaluasi formatif dan setelah selesai langsung dikoreksi oleh teman sebelahnya. (Konfirmasi).

    Penutup :
    1. Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
    2. Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mendata contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia dari artikel pada majalah kesehatan, buletin atau koran.

    10’










    60’









    10’
    Ketrampilan sosial, dan berfikir









    Ketrampilan sosial, akademik dan berfikir












    Ketrampilan sosial, akadenik dan berfikir



    E Sumber Belajar
    Buku siswa, buku referensi, torso, gambar, LKS, lingkungan.
    F. Penilaian
    Tabel Teknik dan Bentuk Instrumen.
    Teknik Bentuk Instrumen
    • Tes Tertulis • Tes isian
    • Tes uraian
    • Tes pilihan ganda
    • Tes menjodohkan
    • Tes Lisan • Daftar pertanyaan
    • Tes unjuk kerja • Tes identifikasi
    • Tes simulasi
    • Uji petik kerja produk
    • Uji petik kerja prosedur
    • Uji petik kerja prosedur dan produk
    • Penugasan • Tugas proyek
    • Tugas rumah
    • Observasi • Lembar observasi
    • Wawancara • Pedoman wawancara
    • Portofolio • Dokumen pekerjaan, karya, dan/atau prestasi peserta didik
    • Angket • Kuesioner
    • Penilaian diri • Lembar penilaian diri

    *) Pilih teknik penilaian dan bentuk penilaian yang sesuai

    Teknik : Tes tertulis, Tes unjuk kerja
    1. Bentuk Instrumen : Tes uraian, tes pilihan ganda
    2. Soal/Instrumen :


    LEMBAR PENILAIAN PILIHAN GANDA

    Petunjuk : Pilihlah salah satu opsi jawaban yang paling benar, dengan cara memberikan tanda silang (X) pada a, b, c, atau d pada soal-soal berikut!

    1. Pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh disebut …
    a. transportasi c. sekresi
    b. ekskresi d. defekasi


    2.
    Berdasarkan gambar di atas, tempat terjadinya proses penyaringan darah ditunjukkan oleh nomor …
    a. 1
    b. 2
    c. 3
    d. 4

    3. Pertanyaan berikut berhubungan dengan fungsi alat pengeluaran :
    1. Mengubah provitamin A menjadi A
    2. Tempat pembentukan vitamin D
    3. Tempat penyaring darah
    4. Menawarkan racun yang masuk melalui makanan
    Dari pernyataan diatas yang termasuk fungsi hati adalah …
    a. 1 dan 3 c. 4 dan 1
    b. 2 dan 3 d. 4 dan 2

    4. Vitamin dan obat-obatan yang dikonsumsi secara berlebihan akan dikeluarkan melalui …
    a. hati c. ginjal
    b. kulit d. paru-paru







    LEMBAR PENILAIAN URAIAN

    Soal Essay
    Petunjuk : Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat pada lembar jawaban yang tersedia!

    1. Jelaskan pengertian ekskresi !
    2. Sebutkan tiga alat pengeluaran utama pada manusia !
    3. Deskripsikan fungsi sistem ekskresi pada manusia !
    4. Sebutkan fungsi ginjal !
    5. Sebutkan tiga fungsi kulit, selain sebagai alat pengeluaran !
    6. Sebutkan fungsi hati sebagai alat pengeluaran !
    7. Sebutkan contoh kelainan dan penyakit-penyakit yang berhubungan dengan alat pengeluaran pada manusia !
    8. Jelaskan cara mengatasi kelainan pada alat ekskresi dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya !

    LEMBAR PENILAIAN UNJUK KERJA

    3. Penilaian Unjuk Kerja :
    Lakukan kegiatan untuk mengetahui zat yang dikeluarkan oleh kulit.
    o Kertas Kobalt berukuran 2 x 2 cm sebanyak dua lembar
    o Stop Watch
    o Selotip
    o Air dalam gelas




    4. Instrumen Penilaian :
    Aspek Psikomotorik Skala Kuantitatif Jumlah Nilai
    4 3 2 1
    1 Merangkai alat dengan benar
    2 Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar.
    3 Memperoleh data dari percobaan
    4 Membuat kesimpulan dengan benar

    JUMLAH
    Aspek Afektif Skala Kualitatif Jumlah Nilai
    A B C D
    1 Cara mengemukakan pendapat
    2 Sinkron pertanyaan selain dengan topik, diskusi
    3 Ketepatan jawaban yang disampaikan dalam menjawab pertanyaan
    4 Kearifan dalam menanggapi pendapat orang lain
    5 Pengambilan keputusan kerja kelompok
    JUMLAH

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar